setda@tanjabtimkab.go.id (0740) 7370002
Section

Berita Daerah

Dampak Covid dan JelangRamadhan, Pemkab Gelar Operasi Pasar

Senin, 06 April 2020 | 08:24:47 WIB | Dibaca: 1505 Kali

Wakil Bupati Tanjung Jabung Timur Robby Nahliyansyah berdialog dengan masyarakat

 

Muarasabak-Melonjaknya pemakaian LPG 3 Kilogram di Bumi Sepucuk Nipah Serumpun Nibung dari dampak Corona Virus Desease (Covid-19) dan menjelang bulan Ramadhan tahun 2020 ini, membuat Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjab Timur)  memonitor kebutuhan masyarakat dan melaksanakan operasi pasar LPG 3 Kilogram.

Jum'at (3/4) Wakil Bupati Tanjung Jabung Timur Robby Nahliyansyah, langsung turun untuk memonitor disejumlah wilayah di Kecamatan Muara Sabak Barat. Disitu, Wakil Bupati langsung berinteraksi untuk mengetahui pasokan yang masuk dan kebutuhan masyarakatnya dalam sepekan terakhir. Ternyata, kebutuhan dari masyarakatnya memang mengalami peningkatan.

Terkait hal itu, Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Timur tidak tinggal diam. Karena telah diajukan kepada pihak Pertamina untuk menggelar operasi pasar dan penambahan pasokan LPG 3 Kilogram di Bumi Sepucuk Nipah Serumpun Nibung. Dan hari ini, telah dilaksanakan di Kecamatan Muara Sabak Barat.

Menanggapi hal ini, Muhammad Awaluddin, selaku Kabag Perekonomian SDA Setda Tanjab Timur menyampaikan bahwa, operasi pasar ini merupakan antisipasi tingginya lonjakan karena pemakaian LPG 3 Kilogram di rumah tangga karena Stay at Home.

Dalam pengajuan tersebut, lanjutnya, terdapat 15 titik diseluruh Kecamatan. Yang mana di satu titiknya direncanakan mendapat 560 tabung LGP 3 Kilogram. "Berarti total permohonan kita kepada pihak Pertamina berjumlah 8.400 tabung. Dan Alhamdulillah semuanya disetujui oleh pihak Pertamina," ulasnya.

Untuk pelaksanaan operasi pasar ini, jelasnya, tidak dilakukan seperti operasi pasar sebelumnya. Hal ini untuk menghindari dari perkumpulan orang banyak (Covid-19). 

"Jadi, kita harus menjaga jarak antara pelayan dengan konsumen yang membeli, selanjutnya, kita juga tidak mengumpulkan orang dalam satu Kecamatan itu di satu atau dua titik. Namun kita akan membagikannya untuk tiap Desa maupun Kelurahan," jelasnya.

Kemudian ia mencontohkan di Kecamatan Muara Sabak Barat, dari 560 tabung untuk Kecamatan itu, dibagi untuk Lima Kelurahan, yaitu Parit Culum I 100 tabung, Parit Culum II 100, Talang Babat 160, Rano 100, dan Nibung Putih 100. Sedangkan untuk Kelurahan di Kecamatan Muara Sabak Barat yang belum kebagian, maka di bulan selanjutnya akan di alokasikan.

"Pelaksanaan ini dimulai dari Tanggal 3 sampai 30 April 2020 dilokasi yang berada. Karena ada beberapa Kecamatan yang mendapat jatah dua kali dalam sebulan. Yaitu, Muara Sabak Timur, Geragai, Nipah Panjang dan Rantau Rasau," ujar Awaluddin. "Insya Allah, di bulan Mei 2020 nanti, akan dilaksanakan juga operasi pasar," pungkasnya. (v3nd)

 

Komentar Facebook

DOWNLOAD
File Download & Lampiran

PERKIRAAN CUACA
Kab. Tanjung Jabung Timur

AGENDA KEGIATAN
Kab. Tanjung Jabung Timur

PKK KAB. TANJUNG JABUNG TIMUR
pkk.tanjabtimkab.go.id


BERITA TERKINI

Rabu, 10 April 2024 -
Kamis, 21 Maret 2024 - Berita Pemerintahan
Senin, 18 Maret 2024 -
Rabu, 13 Maret 2024 -
Kamis, 29 Februari 2024 - Berita Pemerintahan