setda@tanjabtimkab.go.id (0740) 7370002
Section

Berita Daerah

Siswa SMP Ciptakan Roket Air

Minggu, 23 Februari 2020 | 06:18:08 WIB | Dibaca: 2277 Kali

Penampilan roket air

 MUARASABAK – Siswa SMPN 12 Tanjung Jabung Timur berhasil membuat sebuah roket yang dapat diterbangkan ke udara dengan menggunakan tenaga air. Temuan ini berhasil diciptakan oleh Wistyo Sanggam Rifa'i dan Edi Santoso yang ditampilkan pada acara Showcase yang bertempat di SMPN 12 Tanjung Jabung Timur beberapa waktu lalu.

Dihadapan Kepala Dinas Pendidikan Tanjung Jabung Timur Junaedi Rahmad dan Provincial Coordinator Tanoto Foundation Jambi, Medi Yusva dan ratusan peserta lainya temuan roket air tersebut menyita perhatian seluruh peserta termasuk Wakil Bupati Tanjung Jabung Timur Robby Nahliyansyah. Wabup menyampaikan apresiasi terhadap temuan yang berhasil dihasilkan oleh putra-putra terbaik Bumi Sepucuk Nipah Serumpun Nibung.

‘’Ini prestasi yang luar biasa. Saya sangat bangga dengan apa yang anak-anak kita lakukan. Semoga ini bisa diikuti oleh siswa-siswa lainnya,’’ ujar Wabup dihubungi via telfon selularnya, Minggu (23/2).

Menurut Wabup, apa yang telah dilakukan oleh siswa-siswa tersebut merupakan sebuah contoh dari bagaimana pelajar di daerah khususnya di Kabupaten Tanjung Jabung Timur juga mampu menghasilkan karya-karya terbaik tak kalah dengan siswa-siswa di kota-kota besar.

‘’Ini membuktikan siswa-siswa kami juga mampu bersaing dengan siswa-siswa di sekolah-sekolah yang ada di kota. Tapi, saya minta apa yang dihasilkan saat ini siswa kita tidak mudah puas, terus gali dan belajar lebih baik lagi,’’ ungkapnya.

Sementara itu, Medi Yusva menuturkan, pencapaian yang dilakukan oleh siswa SMPN 12 Tanjab Timur Program PINTAR yang telah dilaksanakan beberapa waktu lalu telah berjalan dan dapat diterima dengan baik oleh seluruh warga sekolah.

‘’Bersyukur ya, berarti apa yang dilatihkan selama ini dapat dipraktikkan dengan baik oleh seluruh warga sekolah, mulai dari kepala sekolah, guru hingga penerima manfaat yaitu siswa,’’ kata Medi.

Roket Air ditampilkan

Senada dengan itu, Junaedi Rahmad juga menuturkan hal serupa. Ia menjelaskan bahwa program PINTAR Tanoto Foundation membuat para siswa mengetahui langsung melalui pembelajaran aktif yang dilaksanakan.

‘’Ini perlu kita sebarluaskan. Saya salut, pembelajaran seperti inilah yang harus diperbanyak oleh siswa, mereka mengalami sendiri dengan praktik,’’ terangnya.

Ketika menampilkan temuannya, kedua siswa pun mengajak Kepala Dinas Pendidikan Tanjung Jabung Timur untuk memompa roket tersebut yang akan diterbangkan ke udara. Setelah memompa alhasil berhasil diterbangkan di langit halaman SMPN 12 Tanjab Timur.

Kepala SMPN 12 Tanjab Timur, Anita Sriyuanti menyebut kepercayaan diri dari siswa merupakan dampak dari pembelajaran aktif yang diterapkan. Untuk itu, Ia menyebutkan, penguatan mutu akses perlu terus ditingkatkan.

‘’Kita terus memperkuat pendidikan di sekolah, khususnya dalam hal pembelajaran, manajemen sekolah dan budaya baca,’’ ungkapnya. (v3nd)

Komentar Facebook

DOWNLOAD
File Download & Lampiran

PERKIRAAN CUACA
Kab. Tanjung Jabung Timur

AGENDA KEGIATAN
Kab. Tanjung Jabung Timur

PKK KAB. TANJUNG JABUNG TIMUR
pkk.tanjabtimkab.go.id


BERITA TERKINI

Rabu, 10 April 2024 -
Kamis, 21 Maret 2024 - Berita Pemerintahan
Senin, 18 Maret 2024 -
Rabu, 13 Maret 2024 -
Kamis, 29 Februari 2024 - Berita Pemerintahan