setda@tanjabtimkab.go.id (0740) 7370002
Section

Berita Daerah

Wabup Lantik 11 Kades Dari Tiga Kecamatan

Kamis, 16 Januari 2020 | 02:01:59 WIB | Dibaca: 99 Kali

Wakil Bupati Tanjung Jabung Timur Robby Nahliyansyah menematkan tanda pangkat kepada salah satu Kades

MUARASABAK-Wakil Bupati Tanjung Jabung Timur Robby Nahliyansyah, melantik 11 Kepala Desa terpilih dari Tiga Kecamatan, Rabu (15/1) di aula Kantor Camat Geragai. 

Dalam sambutannya, Wabup mengucapkan rasa terimakasih kepada seluruh masyarakat Kabupaten Tanjung Jabung Timur yang telah ikut berpartisipasi dalam mensukseskan Pilkades serentak pada tanggal 20 November 2019 lalu. 

“Tanpa dukungan dan partisipasi dari masyarakat, tentunya kegiatan Pilkades serentak kemarin dan termasuk pelantikan Kepala Desa saat ini tidak akan terlaksana dengan baik,” ucap Wakil Bupati.

Kemudian, Wabup menjelaskan bahwa, Pemerintah Desa merupakan bagian dari Pemerintah Kecamatan dan Pemerintah Kecamatan merupakan bagian dari Pemerintah Kabupaten. Karena itu, pengertiannya adalah, seluruh peraturan dan kebijakan yang diterbitkan dan dijalankan oleh Pemerintah Desa tidak boleh bertentangan dan harus sejalan dengan Pemerintah Kecamatan maupun Pemerintah Kabupaten. 

“Berkaitan dengan penggunaan Dana Desa dan Alokasi Dana Desa, harus sesuai dengan azaz pengelolaan Keuangan Desa yang transfaran, akuntable, partisipatif serta tertib dan disiplin dengan anggaran,” jelasnya.

Wabup menegaskan, bahwa Kepala Desa terpilih khususnya dan kepada seluruh Kepala Desa yang ada di Kabupaten Tanjung Jabung Timur umumnya, untuk benar – benar menjalankan anggarannya sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Selain itu, Kepala Desa harus bisa memanfaatkan dana yang diberikan melalui Dana Desa maupun Alokasi Dana Desa untuk kemakmuran masyarakat di Desa masing – masing sesuai dengan kebutuhan yang telah ditetapkan.    

Ia juga mengingatkan, kepada Kepala Desa yang terpilih jangan serta merta untuk menggantikan perangkatnya, kecuali sifatnya prinsip. Karena hal ini bisa menganggu pertanggungjawaban Administrasi Desa. 

“Selain itu, Kades yang baru harus lebih teliti dalam pengelolaan keuangan Desa. Karena didalam pengelolaan keuangan Desa harus transparan dan tertib,” kata Wabup mengingatkan. 

Dalam kesempatan itu, Wabup menguraikan bahwa, tugas seorang Kepala Desa yang baru dilantik itu sangat berat. Oleh karena itu, niatkanlah dalam hati secara tulus sebagai pemimpin dan abdi masyarakat untuk berbuat yang terbaik. 

“Ciptakan mekanisme Pemerintahan Desa yang Demokratis dan Transparan. Dengan demikian, Desa akan mampu melaksanakan otonomi dengan baik,” urainya.  

“Selamat kepada Kepala Desa yang sudah dilakukan pelantikan. Semoga amanah dan dapat menjalankan tugas yang telah dipercaya oleh masyarakatnya masing – masing,” pungkas ujarnya.  

Pada acara pelantikan Kepala Desa ini, selain dihadiri oleh Wakil Bupati, juga dihadiri oleh Sekda Sapril,  para Asisten Setda Tanjab Timur, para OPD, Ketua DPRD dan Wakil Ketua DPRD beserta anggota, unsur Forkompinda, unsur Forkompincam, para Kades, Tokoh Agama, Tokoh Adat, Tokoh Pemuda, Tokoh Masyarakat serta masyarakat yang berasal dari Tiga Kecamatan yaitu, Geragai, Mendahara dan Mendahara Ulu.

Adapun nama – nama Kades yang dilantik sebagai berikut :

Geragai,

-Desa Pandan Makmur ; Amsori,

-Desa Pandan Sejahtera ; Purwadi,

-Desa Kota Baru ; Maryono,

-Desa Rantau Karya ; Agus Muardi.

Mendahara,

-Desa Mendahara Tengah ; Nurhidayah,

-Desa Sungai Tawar ; Muhammad Juanaid,

-Desa Merbau ; Amiruddin,

-Desa Bhakti Idaman ; Suroso,

-Desa Sinar Kalimantan ; Suhaemi.

Mendahara Ulu,

-Desa Pematang Rahim ; M. Dong,

-Desa Bukit Tempurung ; Mawady Saragih

 

Komentar Facebook

DOWNLOAD
File Download & Lampiran

PERKIRAAN CUACA
Kab. Tanjung Jabung Timur

AGENDA KEGIATAN
Kab. Tanjung Jabung Timur

PKK KAB. TANJUNG JABUNG TIMUR
pkk.tanjabtimkab.go.id


BERITA TERKINI

Selasa, 18 Februari 2020 - Berita Daerah
Senin, 17 Februari 2020 - Berita Daerah
Senin, 17 Februari 2020 - Berita Daerah
Jumat, 14 Februari 2020 - Berita Daerah
Kamis, 13 Februari 2020 - Berita Daerah