setda@tanjabtimkab.go.id (0740) 7370002
Section

Berita Pemerintahan

Intensifkan Rakor Antar SKPD, Camat, Lurah/Kades

Minggu, 30 Maret 2014 | 16:56:27 WIB | Dibaca: 5183 Kali


MUARASABAK - Guna mempercepat proses pembangunan di Kabupaten Tanjungjabung Timur, Bupati Zumi Zola Zulkifli pada tahun ini mengagendakan rapat koordinasi (Rakor) antar SKPD, Camat, Lurah, dan Kades. Rakor ini diagendakan setiap satu bulan sekali. Demikian disampaikan Peltu Sekda Tanjabtim, Sudirman saat ditemui di ruang kerjanya kemarin (29/1).

“Rakor ini sudah dimulai pada tanggal 2 Januari yang lalu dengan agenda evaluasi kegiatan tahun 2012, dan rencana program tahun 2013,” ujar Sudirman saat ditemui di ruang kerjanya kemarin (29/1).
2013, Bupati Rakor SKPD, Camat Lurah, Kades. Menurut Sudirman, pada setiap rakor yang akan digelar setiap bulan semua SKPD, Camat, Lurah dan Kades wajib hadir. “Peserta tidak bisa diwakilkan, baik SKPD, camat, Lurah maupun kades, semuanya harus yang bersangkutan langsung yang mengikuti rakor,” jelasnya.

Sudirman menambahkan, rakor ini akan membahas beberapa bidang yang menjadi program bupati yang meliputi bidang pendidikan, kesehatan, kesra, infrastruktur, pertanian, percepatan proses perizinan, ADD dan program lainnya. Menurut Sudirman, rencananya tanggal 31 Januari besok bupati kembali akan menggelar rakor dengan agenda ekspose kegiatan tahun 2012 oleh Camat dan persiapan kegiatan tahun 2013. “Rakor kedua akan dilaksanakan tanggal 31 Januari agendanya mengevaluasi hasil rapat tanggal 2 Januari. Camat akan mempresentasikan tindak lanjut rapat tanggal 2 Januari yang lalu, sejauh sudah dilaksanakan di lapangan,” terang Sudirman.

Dalam rakor, masing-masing Camat juga menyampaikan laporan terkait kondisi di wilayahnya, baik menyangkut masyarakat maupun infrastruktur. “Dari laporan itu akan diketahui permasalahan yang ada di Kecamatan masing-masing, kemudian dirumuskan solusinya sesuai dengan leading sektor yang ada,” paparnya. Lebih lanjut dikatakan Sudirman, tujuan diadakannya Rakor ini adalah  untuk mempermudah pelayanan, mengetahui informasi masalah yang ada di Kecamatan, Kelurahan dan Desa.

“Namun yang terpenting adalah untuk mengawal program-program unggulan agar sesuai dengan harapan sesuai dengan visi Samudera,” pungkasnya. Sementara itu, pada pelaksanaan rakor pertama pada 2 Januari yang lalu,  ada sekitar 20 point yang disampaikan Bupati sebagai catatan untuk dilaksanakan pada tahun 2013.

Catatan itu diantaranya berkaitan dengan fungsi monitoring dan evaluasi terhadap kegiatan yang sebelumnya telah dilaksanakan, terutama  berkaitan dengan program yang menyentuh masyarakat. “Karenanya, Saya minta agar Camat selalu berada di tempat atau di wilayahnya pada hari-hari kerja,” ujar Bupati Tanjab Timur, Zumi Zola pada saat Rakor pertama (2/1) yang lalu. Dalam kesempatan tersebut, Bupati menegaskan agar camat memberikan laporan secara berkala tentang  pelaksanaan kegiatan di daerahnya, baik itu berkaitan dengan program eskavator, pompong, kesehatan, pendidikan, displin pegawai, hingga persoalan sengketa lahan.

“Camat diharapkan dapat membantu Saya, memonitoring dan mengevaluasi kegiatan dimaksud diwilayahnya, dan berkoordinasi dengan SKPD terkait,” pinta Zola. Menurut Zola, program yang digulirkan pemerintah adalah untuk kepentingan masyarakat, karenanya seluruh pihak terkait diharapkan pro aktif dalam menjalankan perannya, agar program yang ada dapat berjalan dengan baik.

Komentar Facebook

DOWNLOAD
File Download & Lampiran

PERKIRAAN CUACA
Kab. Tanjung Jabung Timur

AGENDA KEGIATAN
Kab. Tanjung Jabung Timur

PKK KAB. TANJUNG JABUNG TIMUR
pkk.tanjabtimkab.go.id


BERITA TERKINI

Rabu, 10 April 2024 -
Kamis, 21 Maret 2024 - Berita Pemerintahan
Senin, 18 Maret 2024 -
Rabu, 13 Maret 2024 -
Kamis, 29 Februari 2024 - Berita Pemerintahan