setda@tanjabtimkab.go.id (0740) 7370002
Section

Berita Daerah

Zumi Zola Tanggapi Positif Tantangan Rektor Unja

Minggu, 30 Maret 2014 | 14:34:09 WIB | Dibaca: 3387 Kali


Jambi--Zumi Zola berjanji akan segera mengkaji kemungkinan didirikannya Universitas Jambi (Unja) cabang Tanjung Jabung Timur. Bupati Tanjabtim itu mengungkapkan, tentu saja niatan pihak rektorat Unja itu harus disambut positif. Seandainya hal itu dapat terwujud, berarti ada suplement tambahan bagi upaya duet Zumi Zola - Ambo Tang dalam percepatan peningkatan sumber daya manusia daerah itu. 
Soal tanah yang diminta Unja sebagai prasyarat, menurut bupati tentu hal itu akan diupayakannya. Mengenai waktu dan lokasinya nanti akan ditentukan setelah kajian teknis selesai dilakukan. Karena itu, sebelum ke arah sana, Pemkab Tanjabtim akan mengkaji secara serius wacana pendirian Unja di Tanjabtim. "Tadi pihak Unja baru menyampaikan secara lisan. Kita menyambut positif sepanjang menguntungkan bagi percepatan pembangunan SDM daerah kita,"kata Zumi Zola. Keberadaan sebuah universitas di Tanjabtim dirasakan Zumi Zola memang cukup mendesak. Alasannya, secara kuantitas pertumbuhan penduduk tamat SLTA/ sederajat terus meningkat. Hal ini akumulasi dari dampak kebijakan bidang pendidikan di Tanjabtim selama ini. Misalnya sekolah gratis, dan tumbuhnya jumlah sekolah baik SD,SMP,maupun SMA / sedarajat. Jebolan SMA saat ini masih harus melanjutkan ke universitas - universitas yang ada di luar Tanjabtim.

Meski belum ada universitas di daerahnya, dijelaskan Zola setiap tahun kelulusan ada kebijakan Pemkab untuk bekerjasama dengan pihak universitas. Bukan hanya Unja namun juga universitas lain di luar propinsi Jambi. Zola menyebutkan saat ini sedang berlangsung kerjasama pendidikan sejumlah putra dan putri Tanjabtim di Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta. Selain itu ada pula kerjasama dengan Universitas Batanghari (Unbari), Akademi Kebidanan, Akademi Keperawatan dan Badan Kepegawaian Nasional. "Semua program itu kita biayai dengan APBD Tanjabtim yang tentu saja kita harapkan mampu mempercepat pertumbuhan kualitas SDM kita agar mampu menjadi pengelola sumberdaya alam kita untuk masa mendatang,"kata bupati.

Sebelumnya, dalam acara simposium pelepasan sarjana hukum Unja yag dilaksanakan Rabu (25/5) kemarin, rektor Unja, Kemas Arsyad Somad,mengatakan pihaknya siap mendirikan Unja cabang Tanjabtim, asalkan Pemkab berkenan menyediakan lahan dan sejumlah kebutuhan kampus lainnya. Dalam acara yang berlangsung di rektorat fakultas hukum Unja, di Mendalo, itu Zumi Zola hadir sebagai tamu kehormatan dan berkesempatan memberikan sambutan

Komentar Facebook

DOWNLOAD
File Download & Lampiran

PERKIRAAN CUACA
Kab. Tanjung Jabung Timur

AGENDA KEGIATAN
Kab. Tanjung Jabung Timur

PKK KAB. TANJUNG JABUNG TIMUR
pkk.tanjabtimkab.go.id


BERITA TERKINI

Rabu, 01 April 2020 - Berita Daerah
Selasa, 31 Maret 2020 - Berita Daerah
Jumat, 27 Maret 2020 - Berita Daerah
Kamis, 26 Maret 2020 - Berita Daerah