setda@tanjabtimkab.go.id (0740) 7370002
Section

Berita Daerah

Tanjabtim Itu Kaya Potensi Wisata

Minggu, 30 Maret 2014 | 14:32:03 WIB | Dibaca: 5010 Kali


MUARASABAK—Zumi Zola mengungkapkan, dia selalu heran ketika orang bicara soal pariwisata TanjungJabung Timur dan cenderung mempersepsikan hanya pada Pulau Berhala atau Taman Nasional Berbak (TNB) saja. Padahal, katanya, Tanjabtim itu kaya akan potensi wisata selain kedua obyek yang memang belum tergarap itu. Dicontohkan Zumi Zola, Tanjabtim mempunyai potensi wisata religi dan wisata kuliner yang saat ini juga belum tergarap. Padahal, potensi tersebut sangat besar dan sangat mungkin untuk dikelola sebagai salah satu obyek wisata andalan.

Untuk wisata religi, Tanjabtim memiliki cukup banyak situs pemakaman yang sudah cukup dikenal. Misalnya situs makam Orangkayo Hitam dan Orangkayo Pingai yang ada di Desa Simpang Kecamatan Berbak. Di Desa Lambur II Kecamatan Muarasabak Timur juga terdapat situs makam Siti Hawa yang keberadaannya hanya dirawat seadanya saja oleh warga sekitar makam. Belum lagi masjid – masjid tua yang hingga saat ini terjaga keasliannya. Beberapa prosesi ritual keagamaan yang menjadi kegiatan rutin masyarakat juga bisa dikemas menjadi paket wisata menarik. Zola mencontohkan ritual mandi safar, ritual mandi di kilung dan ritual pengobatan yang kerap dilakukan penduduk Tanjabtim dalam waktu – waktu tertentu. ‘’Dari sisi kesenian juga cukup banyak yang bisa kita gali yang semuanya merupakan budaya dan kearifan lokal,’’kata Zumi Zola yang ditemui di ruang kerjanya, belum lama ini.

Sementara untuk wisata kuliner, Tanjabtim yang dikenal heterogen memiliki beragam latar budaya tentu memiliki banyak ragam kuliner. Berbagai etnis yang ada di daerah itu punya makanan khas masing – masing. Dan tidak sedikit yang telah mengalami kombinasi / modifikasi sehingga menghasilkan penganan yang unik dan membangkitkan selera. ‘’Misalnya makanan dari hasil laut yang memang sangat banyak di daerah ini,’’kata bupati.

Untuk pengembangan sektor pariwisata Tanjabtim, Zumi Zola mengaku akan berupaya maksimal dan menyesuaikan dengan anggaran yang tersedia. ‘’Karena sector lain seperti infrastruktur tetap harus diprioritaskan juga,’’katanya.

Komentar Facebook

DOWNLOAD
File Download & Lampiran

PERKIRAAN CUACA
Kab. Tanjung Jabung Timur

AGENDA KEGIATAN
Kab. Tanjung Jabung Timur

PKK KAB. TANJUNG JABUNG TIMUR
pkk.tanjabtimkab.go.id


BERITA TERKINI

Rabu, 01 April 2020 - Berita Daerah
Selasa, 31 Maret 2020 - Berita Daerah
Jumat, 27 Maret 2020 - Berita Daerah
Kamis, 26 Maret 2020 - Berita Daerah