setda@tanjabtimkab.go.id (0740) 7370002
Section

Berita Daerah

Sampaikan Aspirasi dan Aduan Dengan Mudah Melalui SP4N LAPOR!

Rabu, 18 Desember 2024 | 03:43:11 WIB | Dibaca: 181 Kali


Muarasabak - Dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan publik dan partisipasi masyarakat menyampaikan aspirasi serta aduan masyarakat, Pemerintah telah menyediakan aplikasi umum Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N) Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (Lapor) yang bisa diakses melalui laman website www.lapor.go.id. SP4N Lapor sebagai sistem pengelolaan pengaduan pelayanan publik secara nasional melalui Peraturan Presiden Nomor 76 Tahun 2013 dan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 3 Tahun 2015.

Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Timur sejak tahun 2017 lalu telah mulai melaksanakan pengelolaan pengaduan masyarakat tersebut dengan tujuan agar Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Timur sebagai penyelenggara layanaan dapat mengelola pengaduan dari masyarakat secara sederhana, cepat, tepat, tuntas dan terkoordinasi dengan baik. Selanjutnya penyelenggara memberikan akses untuk partisipasi masyarakat dalam menyampaikan aduan dan tentunya akan meningkatakan kualitas pelayanan masyarakat.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Tanjung Jabung Timur melalui Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika, Suhaili mengatakan, untuk menyampaikan aduan masyarakat dapat dilakukan melalui beberapa kanal pengaduan yang telah terintegrasi langsung dengan Kantor Staf Kepresidenan, KemenPANRB, Ombudsma RI, Komdigi, Kemendagri dan Pemkab Tanjung Jabung Timur. Kanal-kanal yang bisa dikunjungi tersebut yakni, melalui website https://www.lapor.go.id, kirimkan sms ke 1708, Twitter @lapor1708 dan unduh dan gunakan aplikasi mobile pada android dan iOS.

‘’Sejak aplikasi umum ini kita gunakan sudah banyak pengaduan dari masyarakat yang telah kita terima dan ditindaklanjuti,’’ katanya.

Dalam meningkatkan partisipasi masyarakat melalui saluran pengaduan masyarakat ini, Pemkab juga telah melakukan beberapa bentuk sosialisasi baik secara langsung maupun tidak langsung. Secara langsung dilakukan melalui sosialisasi tatap muka dengan seluruh Organisasi Perangkat Daerah dan secara tidak langsung melalui penyebaran beberapa spanduk di beberapa titik strategis di kecamatan dalam Kabupaten Tanjung Jabung Timur.

‘’Kita menghimbau kepada masyarakat untuk menyampaikan aspirasi dan pengaduannya melalui kanal-kanal yang telah tersedia, kami sebagai penyelenggara akan segera menindaklanjuti,’’ tegas Suhaili.

 

Apa kelebihannya aplikasi ini? 

Aplikasi ini memiliki banyak kelebihan yang bisa dirasakan oleh sisi pemerintah maupun masyarakat seperti :

  • Aplikasi memiliki metode pendistribusian informasi secara otomatis
  • Aplikasi menyajikan informasi secara realtime
  • Dapat diakses dengan mudah melalui komputer maupun gadget. Hal ini memudahkan masyarakat yang sudah banyak menggunakan smartphone untuk langsung bisa melaporkan apa yang terjadi di sekitar mereka.
  • Tersedia fitur notifikasi sehingga masyarakat maupun OPD dapat mengetahui dengan cepat ketika ada laporan maupun respon. Dengan respon yang cepat dari OPD terkait maka masyarakat semakin merasa diperhatikan atas apa yang sudah dilaporkan dan bisa membuat masyarakat semakin proaktif lagi.
  • Keluhan atau aduan sudah terpetakan dengan kategori sehingga masyarakat tidak kesulitan untuk memilih OPD yang berhak menangani keluhan tersebut. Dari sisi pemerintah dan masyarakat bisa sama-sama termudahkan untuk menangani keluhan karena tidak bercampur satu sama lain.
  • Terdapat menu dashboard analisis untuk membantu pemangku kebijakan dalam memahami kondisi dan juga sebagai pendukung pengambilan keputusan.
  • Tersedia fitur untuk melakukan pencetakan berbagai format laporan.

Bagaimana cara saya melapor? 

Caranya cukup mudah :

  • Aplikasi Mobile: Unduh aplikasi LAPOR di smartphone Anda.
  • Website Resmi: Kunjungi https://www.lapor.go.iddan buat aduan Anda di sana.
  • SMS: Ketik Lapor (spasi) isi laporan kirim ke 1708.

 Kunjungi kanal lapor.go.idatau jika menggunakan Android atau iOS bisa di download SP4N LAPOR

  1. Sebelum melakukan pengaduan, masyarakat harus mendaftarkan diri pada menu DAFTAR
  2. Sampaikan Laporan Anda, pilih tipe laporan (Pengaduan, Aspirasi atau Permintaan Informasi)
  3. Laporkan keluhan atau aspirasi dengan jelas dan lengkap, Upload bukti jika ada.
  4. Laporan langsung ditindaklanjuti, notifikasi (tracking id) dikirim untuk memantau laporan yang diajukan

Kenapa Harus SPAN LAPOR?

  • Mudah diakses: Anda bisa mengaksesnya kapan saja, di mana saja melalui aplikasi, website, SMS, atau media sosial.
  • Cepat dan transparan: Setiap aduan Anda akan segera diproses oleh pihak yang berwenang, dengan update status yang bisa dipantau langsung.
  • Aspirasi Anda didengar: Setiap masukan yang Anda sampaikan akan diperhatikan untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik di Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Timur.

 

SPAN LAPOR – Layanan Pengaduan Cepat, Transparan, dan Terpercaya

 

Komentar Facebook

DOWNLOAD
File Download & Lampiran

PERKIRAAN CUACA
Kab. Tanjung Jabung Timur

AGENDA KEGIATAN
Kab. Tanjung Jabung Timur

PKK KAB. TANJUNG JABUNG TIMUR
pkk.tanjabtimkab.go.id


BERITA TERKINI

Rabu, 18 Desember 2024 - Berita Daerah
Selasa, 26 November 2024 - Berita Pemerintahan