Muarasabak - Dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan publik dan partisipasi masyarakat menyampaikan aspirasi serta aduan masyarakat, Pemerintah telah menyediakan aplikasi umum Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N) Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (Lapor) yang bisa diakses melalui laman website www.lapor.go.id. SP4N Lapor sebagai sistem pengelolaan pengaduan pelayanan publik secara nasional melalui Peraturan Presiden Nomor 76 Tahun 2013 dan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 3 Tahun 2015.
Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Timur sejak tahun 2017 lalu telah mulai melaksanakan pengelolaan pengaduan masyarakat tersebut dengan tujuan agar Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Timur sebagai penyelenggara layanaan dapat mengelola pengaduan dari masyarakat secara sederhana, cepat, tepat, tuntas dan terkoordinasi dengan baik. Selanjutnya penyelenggara memberikan akses untuk partisipasi masyarakat dalam menyampaikan aduan dan tentunya akan meningkatakan kualitas pelayanan masyarakat.
Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Tanjung Jabung Timur melalui Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika, Suhaili mengatakan, untuk menyampaikan aduan masyarakat dapat dilakukan melalui beberapa kanal pengaduan yang telah terintegrasi langsung dengan Kantor Staf Kepresidenan, KemenPANRB, Ombudsma RI, Komdigi, Kemendagri dan Pemkab Tanjung Jabung Timur. Kanal-kanal yang bisa dikunjungi tersebut yakni, melalui website https://www.lapor.go.id, kirimkan sms ke 1708, Twitter @lapor1708 dan unduh dan gunakan aplikasi mobile pada android dan iOS.
‘’Sejak aplikasi umum ini kita gunakan sudah banyak pengaduan dari masyarakat yang telah kita terima dan ditindaklanjuti,’’ katanya.
Dalam meningkatkan partisipasi masyarakat melalui saluran pengaduan masyarakat ini, Pemkab juga telah melakukan beberapa bentuk sosialisasi baik secara langsung maupun tidak langsung. Secara langsung dilakukan melalui sosialisasi tatap muka dengan seluruh Organisasi Perangkat Daerah dan secara tidak langsung melalui penyebaran beberapa spanduk di beberapa titik strategis di kecamatan dalam Kabupaten Tanjung Jabung Timur.
‘’Kita menghimbau kepada masyarakat untuk menyampaikan aspirasi dan pengaduannya melalui kanal-kanal yang telah tersedia, kami sebagai penyelenggara akan segera menindaklanjuti,’’ tegas Suhaili.
Aplikasi ini memiliki banyak kelebihan yang bisa dirasakan oleh sisi pemerintah maupun masyarakat seperti :
Caranya cukup mudah :
Kunjungi kanal lapor.go.idatau jika menggunakan Android atau iOS bisa di download SP4N LAPOR
SPAN LAPOR – Layanan Pengaduan Cepat, Transparan, dan Terpercaya
Komentar Facebook