setda@tanjabtimkab.go.id (0740) 7370002
Section

Berita Daerah

Bupati : TMMD Solusi Efektif di Tengah Keterbatasan Daerah

Senin, 25 September 2023 | 04:34:13 WIB | Dibaca: 1126 Kali


Muarasabak- Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke - 118 resmi dimulai pada Rabu, 20 Sepetember 2023. TMMD kali ini dipusatkan di Desa Lagan Tengah, Kecamatan Geragai, Tanjung Jabung Timur.

Beragam kegiatan pembangunan dilaksanakan dalam TMMD kali ini. Mulai dari pembangunan jalan, rehab rumah ibadah, bedah rumah hingga rehab sarana olahraga dan pembangunan sarana MCK.

Bupati Tanjung Jabung Timur H Romi Hariyanto mengungkap bahwa kegiatan TMMD menjadi salah satu solusi atas tingginya kebutuhan pembangunan di tengah keterbatasan kemampuan daerah. “Kegiatan TMMD ini cukup solutif. Efisien anggaran dan efektifitas capaian nya sangat terukur. Lebih dari itu sinergi dan kolaborasi lintas sektoral kian terpupuk,”ujar Romi usai menjadi inspektur upacara pembukaan TMMD di lapangan PTPN Desa Lagantengah Kecamatan Geragai, Rabu (20/9/2023).

Menghadapi dinamika kebutuhan pembangunan yang terus berkembang, keuangan daerah acap kali tidak mampu mengakomodir semua kebutuhan secara menyeluruh. Karenanya dibutuhkan skala prioritas yang tepat dan bijak. Semua sektor menjadi perhatian serius. Terlebih infrastruktur yang memang berbiaya tinggi. “Karena itu TMMD menjadi salah satu instrumen menjawab tingginya kebutuhan infrastruktur seperti jalan yang akan menghubungkan tiga desa ini. Apalagi dalam kegiatan ini juga akan ada kegiatan tambahan beragam rupa yang menyentuh langsung kebutuhan warga sekitar lokasi TMMD,”Romi menambahkan.

Romi bersyukur sinergi antar sektoral tercermin nyata dalam kegiatan TMMD. Bukan hanya TNI AD namun juga melibatkan Polri, Pemda bahkan penyuluh.

Total personil yang terlibat dalam satuan tugas sebanyak 150 orang. 125 orang pasukan inti ditambah 25 lainnya sebagai tim teknis. Pasukan inti berasal dari Kodim 0419/Tanjab sejumlah 15 orang, Yonif 142 sejumlah 100 orang dan Polres Tanjabtim sejumlah 10 orang. Sedangkan tim teknis terdiri dari Yonzipur 2/SG 10 org, Denzibang Jambi tiga personil, Dinas PUPR Tanjabtim dua personil serta tim penyuluh 10 personil.

Satgas TMMD 118 akan membangun jalan sepanjang 12,54 KM. Jalan ini menghubungkan Desa Lagantengah Kecamatan Geragai dengan Desa Sungaitawar dan Desa Mendahara Tengah Kecamatan Mendahara. Direncanakan jalan tersebut selebar lima sampai tujuh meter dengan ketinggian 1,2 meter. Jalan ini juga diperuntukkan mempermudah akses jangkauan tim pengendalian kebakaran lahan dan hutan. Daerah tersebut memang dikenal rawan terjadi karhutla.

Selain pembangunan jalan tersebut, TMMD kali ini juga menyasar sejumlah kegiatan fisik lain secara bertahap. Di Sungaitawar ada rehab satu unit Madrasah dan PAUD Nurul Falah serta rehab satu unit lapangan sepakbola. Lalu ada pembangunan satu unit pos kamling di Dusun Baru, pembuatan satu unit sumur bor. Selain itu juga akan dilaksanakan rehab dua masjid, yakni Masjid Raudatul Jannah Parit 4 Rt 04 Dusun Indah Empat dan Masjid Subulus Salam di RT 02 Parit Baru Dusun Harapan Baru.
Selanjutnya, Rehab Lapangan Voly 1 RT 01 Parit Tanjungbaru Dusun Harapanbaru. Selain itu juga akan dilakukan pembuatan MCK umum di RT 04 Parit 4 Dusun Indah 4.

Komandan Kodim 0419/ Tanjab, Letkol Kav.Muslim Rahim Tompo menjelaskan selain kegiatan di atas juga dilaksanakan kegiatan rehab lima rumah tidak layak huni di wilayah Desa Sungaitawar Kecamatan Mendahara. Ada lain tema TMMD ke-118 ini dikatakan Dandim adalah Sinergi Lintas Semtoral Mewujudkan Kemanunggalan TNI - Rakyat Semakin Kuat.

Selain bupati Romi sebagai Irup, bertindak selaku komandan upacara adalah Danramil 419-05 / Geragai Kapten Infanteri Rudi C Marpaung. Sedangkan perwira upacara adalah Danramil 419-04 / Nipahpanjang Kapten Infanteri Zulkarnain.

Hadir sebagai peserta upacara;
c. Pasukan Upacara : 1 SSR Korsik, 1 SST Yon Zipur, 1 SST Yonif R 142/KJ, 1 SST Kodim 0419/Tanjab, 1 SST Polres Tanjab Timur, 2 SSR Pol PP dan Damkar Kab Tanjab Timur, 1 SSR Manggala Agni, 2 SSR Menwa dan Mahasiswa STIE Al Mujadid dan Staf PTPN VI Unit Lagan.

Sedangkan Danrem 042/Gapu diwakili Kasiter Kasrem 042/Gapu Kolonel Kav Andriyan Wahyu Dwi Atmoko. Terlihat hadir ketua Satgas Dandim 0419/Tanjab Letkol Kav Muslim Rahim Tompo, Waka Polres Tanjab Timur Komol Gokma uliate Sitompul, FM PT. Petrochina Intenational Jabung Ltd Rudi Darmawan, Kalapas Narkotika Klas II B Muara sabak Dwi Hartono, Kajari Tanjab Timur di wakili oleh Amin Luthfi, Danpos AL Letda Laut Ikhlas Dansub Pom Kapten CPM Golman Sagala, Ketua Persit KCK Cab XXVI Kodim 0419/Tanjab Riska Muslim Rahim beserta anggota.
Juga tampak Kapolsek Geragai, Kapolsek Mendahara, Kapolsek Dendang dan Kapolsek Muara sabak Timur. Sejumlah pimpinan perusahana sekitar juga terlihat hadir di tengah masyarakat dan sejumlah perwakilan OPD Tanjabtim.

Kepada masyarakat sekitar lokasi TMMD bupati Romi berpesan agar sedapat mungkin turut mendukung kegiatan TMMD. Romi meminta kepada warga untuk proaktif membantu jalannya kegiatan TMMD. Secara khusus Romi meminta masyarakat untuk menunjukkan warga Tanjabtim adalah warga yang selalu siap bersinergi dalam setiap pembangunan yang dilaksanakan. “Tolong terima seluruh personil satgas sebagai bagian dari keluarga, dukung apapun yang dikerjakan satgas, kemanunggalan TNI dan rakyat harus senantiasa kita tunjukkan secara nyata, InsyaAllah semua yang kita lakukan menjadi keberkahan bagi semua,” tutup bupati.*

Komentar Facebook

DOWNLOAD
File Download & Lampiran

PERKIRAAN CUACA
Kab. Tanjung Jabung Timur

AGENDA KEGIATAN
Kab. Tanjung Jabung Timur

PKK KAB. TANJUNG JABUNG TIMUR
pkk.tanjabtimkab.go.id


BERITA TERKINI

Rabu, 10 April 2024 -
Kamis, 21 Maret 2024 - Berita Pemerintahan
Senin, 18 Maret 2024 -
Rabu, 13 Maret 2024 -
Kamis, 29 Februari 2024 - Berita Pemerintahan