setda@tanjabtimkab.go.id (0740) 7370002
Section

Berita Daerah

Kartini-kartini dari Sudut Sadu

Kamis, 30 Oktober 2014 | 14:28:22 WIB | Dibaca: 5125 Kali


Sadu - Meski harus bergelut dengan beratnya medan, mereka terus menunjukkan kontribusinya untuk membangun daerah mereka yang terpencil. Kodrat seorang perempuan bukan suatu kelemahan yang membuat mereka harus berpangku tangan. Mereka adalah ‘Kartini’ dari sudut Sadu yang terus mengabdi. Sadu merupakan salah satu kecamatan partisipasi dalam Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perdesaan di Kabupaten Tanjung Jabung Timur Propinsi Jambi sejak tahun 2008. Kecamatan ini memiliki 1 kelurahan dan 8 desa yang merupakan kecamatan sangat sulit wilayahnya. Dari delapan desa tersebut, terdapat 2 desa yang aksesnya sangat sulit, yaitu desa Sungai Cemaradan, Labuhan Pering. Untuk menuju ke desa tersebut cukup berat tantangannya, apalagi bila musim hujan tidak bisa dilalui dengan kendaran bermotor, dan bila menggunakan kapal atau pompong harus melihat kondisi alam, pasang surutnya air. Sedangkan bila musim kemarau harus melewati jalan berdebu. Tapi siapa sangka dengan kondisi alam seperti itu, terdapat para perempuan hebat yang terus memberikan pengabdian untuk pebangunan di desa mereka.

Mereka adalah para ‘Kartini’ yang tergabung dalam Kader Pemberdayaan Masyarakat Desa (KPMD) PNPM Mandiri Perdesaan. Salah satunya adalah Rosnaini. Sejak bergabung sebagai kader desa tahun 2012, peran Rosnaini ini sangat mempengaruhi dalam pembangunan di desanya terutama dalam program PNPM MPd. Yang mana dengan sepakterjangnya dalam sosialisasi Program PNPM sudah menunjukan kemajuan di desa. Hal ini terbukti dengan kelancaran kegiatan dana bergulir yang menjadi salah satu tugas fasilitasinya. Bahkan, kelompok-kelompok di Desa Sungai Cemara berhak mendapatkan IPTW (Insentif Pengembalian Tepat Waktu). Sedangkan dalam bidang prasarana untuk tahun 2014, berkat kerjasama KPMD dan pihak desa maka tahun ini dari PNPM akan dibangun jalan rabat beton sepanjang 1000 serta pelatihan menjahit sebanyak 20 orang. Selain itu, dibawah pembinaan Rosnaini ini kelompok SPP KPPC (Kelompok Perempuan Peduli Cemara) saat ini telah memiliki kas kelompok sebesar Rp 12.700.000,- dengan anggota berjumlah 29 orang. Ketangguhan dan keuletan Rosnaini ini sudah teruji. Ia tidak pernah mengeluh dengan kondisi jalan yang harus dilalui untuk menghadiri setiap kegiatan di tingkat kecamatan. Rosnaini berhasil menunjukkan dedikasi yang tinggi kepada masyarakat. Karena itu pula, mungkin, ia terpilih lagi untuk menjadi salah seorang anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD).

Selain Rosnaini, Sadu juga memiliki seorang kader wanita yang dengan tangan dinginnya telah berhasil membina dalam dan mendampingi masyarakat. Ia adalah Darmayanti, KPMD Labuhan Pering. Desa Labuhan Pering juga tercatat sebagai kelompok SPP yang bebas tunggakan. Selain itu, kegiatan pembangunan Posyandu Integrasi PAUD tahun 2013 juga terlaksana dengan baik. Keberhasilan yang dicapai desa Labuhan Pering tidak lepas dari campur tangan dari Darmayanti sebagai fasilitator di tingkat desa. Meski akses transportasi yang sangat berat, ia tidak mau tunduk dengan kegarangan alam. Ia selalu aktif dalam menghadiri setiap kegiatan di kecamatan. Sebab baginya, semua kegiatan adalah pengetahuan baru yang harus didapatnya untuk selanjutnya diterapkan di desa. Kartini boleh meninggalkan kita. Pahlawan Nasional itu hanya tinggal nama. Tapi banyak semangat keteladanan yang harus terus dihidupkan. Semangat kepahlawanan itu akan terus membara. Salah satunya didalam diri dua KPMD Kecamatan Sadu ini. (Habdinul)

Komentar Facebook

DOWNLOAD
File Download & Lampiran

PERKIRAAN CUACA
Kab. Tanjung Jabung Timur

AGENDA KEGIATAN
Kab. Tanjung Jabung Timur

PKK KAB. TANJUNG JABUNG TIMUR
pkk.tanjabtimkab.go.id


BERITA TERKINI

Selasa, 25 Juni 2024 - Berita Pemerintahan
Kamis, 20 Juni 2024 - Berita Pemerintahan
Jumat, 14 Juni 2024 - Berita Daerah
Kamis, 13 Juni 2024 - Berita Pemerintahan