setda@tanjabtimkab.go.id (0740) 7370002
Section

Berita Daerah

Kreasi Menuai Prestasi

Rabu, 22 Oktober 2014 | 16:33:11 WIB | Dibaca: 10848 Kali


H. ZUMI ZOLA ZULKIFLI, STP,MA, lahir di Jakarta 31 Maret 1980. Namanya lebih dulu dikenal di dunia hiburan  entertainment. Sejumlah sinetron dan film layar lebar pernah dibintanginya. Namun tahun 2011, putera dari mantan gubernur Jambi Zulkifli Nurdin, itu menyatakan menarik diri dari dunia keartisan. Ia memilih untuk terjun sebagai politikus.

Pilihan pria berzodiak aries ini ternyata tak meleset. Keinginannya untuk mengabdi ke tengah masyarakat, sekaligus membangun kampung halaman orang tuanya, berhasil dipenuhinya.  Dengan bekal ilmu yang didapat dari bangku kuliah, Zumi Zola  yang  menamatkan S1 Teknologi Hasil Pertanian di Institut Pertanian Bogor ( IPB) dan S2 jurusan Bussiness management di London Metropolitan University, Inggris,   terpilih sebagai Bupati Tanjung Jabung Timur priode 2011-2016. berpasangan dengan Ambo Tang, Amd. 

 Ini sinetron yang pernah di bintangi oleh ZUMI ZOLA  :

Culunnya Pacarku",  "Ku Telah jatuh Cinta", “Hantu Jatuh Cinta",  "3 In 1", "Disini Ada Setan", "Ikhlas", "Bawang Merah Bawang Putih", "Cowok-Cowok Keren" "Kehormatan 2", "Julia Jadi Anak Gedongan", "Tersanjung 6", "Si Cecep", "Hip Hip Hore", "Sweet 17", "Surga Untukmu", dan film yang paling fenomenal adalah “Merah Putih”

Bertanggung jawab dan berkomitmen itulah karakter kuat yang dimiliki Ayah Zameer Zahid Abyadh Zola ini, ketika dibebankan amanah sebagai Bupati, daya kreasi, keseriusan dan komitmen ZUMI ZOLA  dalam membangun daerahnya tak perlu diragukan lagi, bersama istrinya Hj Sherrin Tharia. Tanpa kenal lelah pasangan suami isteri tersebut, saling bahu membahu dalam pengabdiannya di wilayah pesisir timur, yang dikenal memiliki kontur alam yang ganas. Karena kawasan tersebut sebagian besar terdiri dari perairan pasang surut dan berawa gambut.

 

Ini Kreasi dan gebrakan prestasi ZUMI ZOLA selama menjabat sebagai Bupati yang paling menonjol diantara prestasi-prestasi lainnya :

  1. Sukses menyelesaikan 23 kasus sengketa lahan di tahun pertama kepemimpinannya. Atas keberhasilan ini, Mendagri mendaulat Pemkab Tanjung Jabung Timur menjadi pembicara utama dihadapan seluruh gubernur, bupati, walikota se Indonesia terkait konsep penyelesaian sengketa lahan.
  2. Zumi Zola bikin gebrakan besar dengan menyegel sumur pengeboran minyak milik PT Petrochina Jabung Ltd yang tidak dilengkapi izin dari Pemkab Tanjung Jabung Timur. Langkahnya ini mendapat apresiasi positif dari Kementrian Dalam Negeri.
  3. Bikin terobosan besar dengan membuat konsep jitu, dalam upaya membuka keterisolasian daerah dengan kondisi anggaran daerah yang minim, dengan program satu eksavator satu kecamatan, malahan  upaya ini pun telah berhasil menghemat anggaran daerah hingga Rp 15 Miliar pertahunnya.
  4. Satu-satunya Bupati di Propinsi Jambi yang membuat kebijakan pro rakyat, dengan mengimplementasikannya dengan menekan belanja pegawai di APBD hingga tak lebih dari 40 persen, dan 60 persen porsi lainnya diperuntukan bagi pembangunan dan masyarakatnya.
  5. Berhasil melakukan pembenahan, perbaikan, dan penyempurnaan atas penyelenggaraan tata kelola keuangan, hingga mendapat predikat  WTP (Wajar tanpa Pengecualian) dua tahun berturut-turut dari Badan Pemeriksa keuangan RI.
  6. Membantu nelayan miskin dengan menggelontorkan 2.000 unit pompong, hingga mampu meningkatkan pendapatan nelayan di Kabupaten Tanjung Jabung Timur
  7. Dalam hal rencana Aksi pemberantasan Korupsi, Tanjabtim masuk peringkat ke-11 untuk skala nasional. Sementara itu untuk wilayah Sumatera, Tanjabtim masuk dari tiga besar. Bahkan untuk Provinsi Jambi, hanya Kabupaten Tanjabtim yang meraih penghargaan di bidang ini. Penilaian dilakukan berdasarkan verifikasi oleh Unit Kerja Presiden Bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan (UKP4), terhadap  511 kabupaten/kmenjadiota dan 34 provinsi se-Indonesia. Setelah melalui sejumlah rangkaian penilaian, akhirnya ditetapkan hanya 37 daerah yang berhak mendapat penghargaan ini.

 

Untaian prestasi dan berbagai gebarakan Zumi Zola, mendapat apresiasi dari berbagai lembaga dan perguruan tinggi di Jambi, hingga bahkan ke luar negeri. Ia pun kerap di undang sebagai pembicara dalam berbagai seminar diberbagai perguruan tinggi negeri dan swasta di Provinsi Jambi.

Bahkan pada Konfrensi Negara ASEAN, The Fifth Conference The ASEAN Social Forestry Network (ASFN), yang digelar di Universiti Malaysia Sabah (UMS) Kota Kinabalu, Sabah, Malaysia

Zumi Zola Zulkifli, di undang sebagai pembicara. Dimana Ia   mempresentasikan program pemerintahannya dengan topik “Raising the Contribution of Social Forestry to Food Security”.

Dimana Tanjung Jabung Timur, disebutkan  memiliki komitmen kuat terhadap kelestarian hutan terutama Taman Nasioanl Berbak.  Sesuai yang diamanatkan undang-undang. Namun di sisi lain Pemkab juga harus memperhatikan kesejahteran masyarakat lokal disekitar hutan.

Beragam gebrakan dan prestasi yang berhasil diraih Zumi Zola, tidaklah membuat dirinya merasa jumawa. Ia tetap memiliki rasa rendah hati. Karena baginya, membangun daerah Tanjung Jabung Timur sudah menjadi bagian dari tanggung jawabnya terhadap tanah kelahiran orang tuanya. Namun sebagian masyarakat Jambi justru melihat sisi lain yang menarik dari kiprah Zumi Zola. Di usianya yang begitu muda, namun mampu menjadi motor penggerak pembangunan.

Komentar Facebook

DOWNLOAD
File Download & Lampiran

PERKIRAAN CUACA
Kab. Tanjung Jabung Timur

AGENDA KEGIATAN
Kab. Tanjung Jabung Timur

PKK KAB. TANJUNG JABUNG TIMUR
pkk.tanjabtimkab.go.id


BERITA TERKINI

Selasa, 25 Juni 2024 - Berita Pemerintahan
Kamis, 20 Juni 2024 - Berita Pemerintahan
Jumat, 14 Juni 2024 - Berita Daerah
Kamis, 13 Juni 2024 - Berita Pemerintahan