setda@tanjabtimkab.go.id (0740) 7370002
Section

Berita Pemerintahan

Gertak Tanpa Dusta, Solusi Peningkatan Produksi Padi

Rabu, 15 Oktober 2014 | 21:08:24 WIB | Dibaca: 6125 Kali


Muarasabak-Salah satu program unggulan Pemkab Pemkab Tanjung Jabung Timur dibawah kepemimpinan Zumi Zola Zulkifli-Ambo Tang adalah Program Gerakan serentak tanam padi dua kali setahun, atau yang dikenal dengan istilah “Gertak Tanpa Dusta”. Program ini merupakan solusi pemerintah daerah melalui Dinas Pertanian tanaman pangan untuk menggali potensi daerah dalam upaya meningkatkan produksi padi melalui peningkatan indeks pertanaman (IP.200) di Kabupaten Tanjabtimn dalam menunjang percepatan Program Peningkatan Beras Nasional (P2BN).

Menurut Kepala Dinas Pertanian tanaman pangan Kabupaten Tanjabtim, H. Akhmad Maushul, pada tahun ini program Gertak Tanpa Dusta sudah menapaki tahun keempat, dengan target luasan tanam untuk tahun ini mencapai 1.500 hektar yang tersebar di enam Kecamatan.

Dari total luasan tersebut sebanyak 30 persen atau lebih kurang seluas 517 hektar berada di Desa Simpang Datuk Kecamatan Nipah panjang yang dilaksanakan oleh delapan kelompok tani.

Dijelaskannya, rata-rata produktifitas yang dihasilkan dari beberapa kelompok tani yang telah melaksanakan panen sebelumnya mencapai 4,7 ton sampai dengan 5,2 ton Gabah Kering Padi (GKP) per hektar. “Hasil ini lebih tinggi dari rata-rata produktifitas Kabupaten yaitu 3,9 ton GKP per hektar,” ujar Maushul.

Untuk Luas areal persawahan di Desa Simpang Datuk sendiri, kata Maushul, secara keseluruhan mencapai lebih kurang 600 hektar dan terletak pada satu kawasan atau hamparan. Secara topografis daerah ini diberkahi dengan sumber air yang terus mengalir dari taman nasional berbak. Potensi lain yang dimiliki oleh petani di simpang datuk yaitu adanya kelompok tani penangkar yakni kelompok tani Harapan Mulia seluas 50 hektar yang dananya bersumber dari APBD dan kelompok tani usaha bersama seluas 50 hektar yang dananya bersumber dari APBN.

Lebih lanjut dijelaskannya, berdasarkan laporan, kelompok penangkar Harapan Mulia mampu memproduksi benih padi varietas Inpara 3 sebanyak 200 hingga 250 ton Gabah Kering Padi (GKP) dan telah dipasarkan ke luar daerah seperti Kabupaten Tanjung Jabung Barat sebanyak 176 ton dan 50 ton akan digunakan untuk kegiatan SLPTT padi oleh BUMN PT. Sang Hyang Seri (SHS) yang ditugaskan oleh pemerintah pusat melalui kegiatan subsidi benih. “Kita berharap kegiatan program Gertak Tanpa Dusta yang mendapat support penuh dari pak Bupati ini bisa terus berlanjut pada tahun berikutnya dengan dukungan dan anggaran Pemda, sehingga Kabupaten Tanjabtim dapat menjadi ikon dalam peningkatan produksi padi untuk menunjang program P2BN,” pungkasnya

Komentar Facebook

DOWNLOAD
File Download & Lampiran

PERKIRAAN CUACA
Kab. Tanjung Jabung Timur

AGENDA KEGIATAN
Kab. Tanjung Jabung Timur

PKK KAB. TANJUNG JABUNG TIMUR
pkk.tanjabtimkab.go.id


BERITA TERKINI

Rabu, 10 April 2024 -
Kamis, 21 Maret 2024 - Berita Pemerintahan
Senin, 18 Maret 2024 -
Rabu, 13 Maret 2024 -
Kamis, 29 Februari 2024 - Berita Pemerintahan