setda@tanjabtimkab.go.id (0740) 7370002
Section

Berita Daerah

PERINGATAN MAULID NABI MUHAMMAD SAW DI KECAMATAN SADU

Minggu, 30 Maret 2014 | 14:10:05 WIB | Dibaca: 7834 Kali


Jambi, Wakil Gubernur Jambi Drs. Fachrori Umar, M. Hum, Senin (20/2), bertindak sebagai penceramah dalam peringati hari kelahiran  Nabi Besar Muhammad Salallahu ‘Alaihi Wasallam (SAW) yang selalu disebut atau Maulid, tahun 1432 H/2011 M, yang diselenggarakan di Mesjin Jami’ Nurul Iman, Kelurahan Sungai Lokan, Kecamatan Sadu Kabupaten Tanjung Jabung Timur.

Pada kesempatan ini Wagub dalam uraian hikmah Maulidnya menyampaikan, bahwa peringatan ini diselenggarakan setiap tahun oleh umat Islam dalam rangka mengingat kembali tentang perjuangan Rasulullah dalam menyebarkan syiar Islam kepada umatnya, dan membangun peradapan masyarakat yang dipimpinnya, dan sudah pada tempatnya, setiap kali peringatan tersebut dilaksanakan menjadi media untuk merenungkan, mengapresiasi dan meneladani setiap jengkal dan sisi kehidupan dan perjuangan Rasulullah.

Menurut Wagub, kelahiran Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi Wassalam telah membawa perubahan besar terhadap peradaban ummat manusia, perubahan dari zaman jahiliah menuju peradaban dibawah naungan cahaya Illahi, dengan kata lain, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi Wassalam melakukan perubahan yang paling fundamental dalam kehidupan, dari kehidupan yang tidak memiliki peradaban kearah kehidupan yang penuh rahmat ampunan dan kasih sayang.

Fachrori Umar menghimbau pula untuk menjauhkan sifat dan perilaku : Dengki dan iri, Rakus dan tamak, Takabur, sombong, dan angkuh. Wagub juga menyampaikan, bahwa Nabi Muhammad SAW merupakan nabi terakhir, dan tidak ada lagi nabi setelah-Nya, karenanya bila ada yang mempercayai adanya nabi setelah Nabi Muhammad SAW, maka itu adalah tidak benar.

Sehubungan dengan itu Wagub menghimau masyarakat, khususunya masyarakat di Kecamatan Sadu, agar tidak mudah mempercayai adanya aliran-aliran yang tidak jelas, atau aliran sesat. Diingatkan Wagub, bahwa ajaran Islam yang disampaikan Rasulullah jelas-jelas menyampaikan bahwa Rukun Islam ada Lima Perkara 1. Dua Kalimat Syahadat, 2. Sholat Lima Waktu, 3. Ibadah Puasa, 4. Melaksanakan Zakat, dan 5. Pergi Haji Bagi yang Mampu, sedangkan Rukun Iman ada Enam Perkara; 1. Percaya kepada Allah SWT,2. Percaya kepada Nabi dan Rasul / Rosul Allah SWT, 3. Percaya kepada Malaikat Allat SWT,4. Percaya kepada Kitab Allah SWT yaitu Al Qur'an, 5. Percaya kepada Hari Kiamat / Hari Akhir, dan 6. Percaya kepada Qodo dan Qodar / Qodo dan Kodar atau Ketentuan Allah SWT.

Wagub juga menghimbau umat Islam untuk meningkatkan kualitas taqwa kepada Allah, dengan berupaya semaksimal mungkin melaksanakan apa saja perintah-Nya yang termaktub dalam Al-Qur’an dan juga Sunnah Rasul Shallallahu ‘alaihi Wassalam dan meninggalkan apa saja larangan Allah. “Hanya dengan cara itulah ketaqwaan kita bisa mengalami peningkatan dan perbaikan,” ujar Wagub.

Sebelumnya Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tanjung Jabung Timur Drs. H. Darminto, dalam sambutannya mengajak umat Islam bersyukur kepada Allah SWT, dan berterima kasih kepada Rasulullah yang telah membawa ajaran kebenaran. Untuk itu Sekda mengajak umat Islam khususnya masyarakat di Kecamatan Sadu untuk meningkatkan keimanan kepada Allah SWT, dengan mengerjakan semua yang diperintahkan dan meninggalkan semua yang dilarang-Nya.

Turut hadir pada kesempatan ini Asisten II Setda Provinsi Jambi , Kepala Biro Kesramas Setda Provinsi Jambi Drs.H. Sofwan Nuri, Kepala Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Provinsi Jambi Raflinur, SH, Kepala Dinas pertanian Ir.H. Abu Sucamah, MM, Sekda Kabupaten Tanjung Jabung Timur bersama Kepala Dinas/Instansi terkait, dan undangan lainnya.

Komentar Facebook

DOWNLOAD
File Download & Lampiran

PERKIRAAN CUACA
Kab. Tanjung Jabung Timur

AGENDA KEGIATAN
Kab. Tanjung Jabung Timur

PKK KAB. TANJUNG JABUNG TIMUR
pkk.tanjabtimkab.go.id


BERITA TERKINI

Rabu, 10 April 2024 -
Kamis, 21 Maret 2024 - Berita Pemerintahan
Senin, 18 Maret 2024 -
Rabu, 13 Maret 2024 -
Kamis, 29 Februari 2024 - Berita Pemerintahan