setda@tanjabtimkab.go.id (0740) 7370002
Section

Berita Daerah

Serahkan Bantuan Hingga Dialog Relokasi Korban

Jumat, 22 Januari 2021 | 01:23:37 WIB | Dibaca: 706 Kali


 

Muarasabak- Sekretaris Daerah Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Sapril  menyerahkan bantuan bagi korban gelombang pasang di Desa Air Hitam Laut Kecamatan Sadu, Kamis (21/1). Adapun bantuan yang diserahkan berupa, paket makanan anak, selimut, tempat nasi, sarden, makanan siap saji dan sejumlah pakaian. Sekda juga secara pribadi juga menyerahkan santunan uang tunai kepada masing-masing keluarga yang diserahkan langsung di lokasi dan disaksikan Camat Sadu, Forkompimcam Sadu dan sejumlah kepala OPD sertawarga setempat.

 

Selain menyerahkan paket bantuan, Sekda juga menyempatkan berdialog tentang relokasi korban yang rumahnya rusak akibat gelombang pasang tersebut beberapa minggu lalu. Sekda menanyakan apakah mereka masih ingin bertahan atau ingin pindah dari lokasi kediaman sekarang.

Salah seorang korban, Tina mengungkapkan dia bersama suaminya, Agus, ingin sekali bisa pindah dari lokasi rumah mereka saat ini. Sejak kejadian beberapa waktu lalu, setiap malam mereka dirudung kecemasan.

‘’Setiap malam cemas Pak, kalau memamg kami bisa dibantu pindah dari sini kami sangat mau sekali biar kami dan anak-anak bisa tenang,’’ ujarnya.

Dikatakan Tina, kerabatnya yang lain sesama korban gelombang pasang yang terjadi dua pekan lalu juga berkeinginan yang sama. Hanya saja, imbuhnya, mereka tidak tahu bagaimana caranya bisa pindah ke tempat lain. Selain tidak punya tanah, membangun rumah baru menurut mereka pasti sangat memberatkan. 

Menanggapi hal itu, Sekda berjanji akan melaporkan hasil pertemuannya dengan warga kepada Bupati Tanjab Timur.

‘’Nanti kita laporkan ke Bupati, soal teknis apakah nanti relokasi bisa diupayakan nanti kita pelajari,’’ kata Sekda.

Menurut Sekda, Pemkab akan menganalisis dari sisi mitigasi bencana. Jika memang lokasi tersebut sudah tidak layak sebagai hunian, Pemkab akan memperjuangkan program bantuan.

‘’Bisa nanti berupa program rumah khusus atau perumahan nelayan, nanti kita coba penuhi prasyaratnya untuk bisa diusulkan ke pemeintah pusat,’’ jelasnya. 

Ia menambahkan Pemkab sangat menyambut baik niatan keluarga besar KH As’ad Arsyad, ketua MUI Tanjabtim yang diketahui merupakan tokoh Desa Air Hitam Laut yang siap menghibahkan lokasi untuk perumahan warga yang akan direlokasi.

‘’Kami sangat berterima kasih sekali atas perhatian pemerintah, insya Allah bantuan ini sangat bermanfaat buat kami di sini,’’ kata salah seorang penerima bantuan. (v3nd)

Komentar Facebook

DOWNLOAD
File Download & Lampiran

PERKIRAAN CUACA
Kab. Tanjung Jabung Timur

AGENDA KEGIATAN
Kab. Tanjung Jabung Timur

PKK KAB. TANJUNG JABUNG TIMUR
pkk.tanjabtimkab.go.id


BERITA TERKINI

Rabu, 10 April 2024 -
Kamis, 21 Maret 2024 - Berita Pemerintahan
Senin, 18 Maret 2024 -
Rabu, 13 Maret 2024 -
Kamis, 29 Februari 2024 - Berita Pemerintahan