setda@tanjabtimkab.go.id (0740) 7370002
Section

Berita Pemerintahan

Bandwith E-Gov Tanjabtim Over Kapasitas

Selasa, 09 September 2014 | 16:46:52 WIB | Dibaca: 8928 Kali


Kemampuan kapasitas bandwith jaringan E-Goverment Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjab Timur) saat ini sudah over kapasitas. dengan kata lain, kemampuan untuk mengakses jaringan pada jam kerja sudah tak memadai lagi. tak jarang terjadi hank sementara. 

menurut Teguh Sumasrsono, M.S., pakar informasi teknologi Universitas Jambi, pada saat pengembangan awal E-Gov, akses bandwith hanya berkapasitas 4 Mbps. Pada saat itu, akses jaringan internet masih memadai. namun ketika hampir seluruh Satuan Perangkat Kerja Daerah Mulai memanfaatkan fasilitas E-Gov, baru dirasakan kapisatas yang ada sudah tidak memadai lagi untuk menanggung beban pemakaian.

apalagi pada saat jam kerja antara pukul 09.00 hingga pukul 15.40, pengguna E-Gov bisa mencapai 200 sambungan. angka ini terdeteksi pada saat check pada MRTG harian. sehingga sering terjadi restart, dan ini sangat menyulitkan dalam pengembangan aplikasi terbatas.

untuk itu, kata Teguh, diperlukan penambahan bandwith menjadi 18 Mbps, sehingga kemampuan mengakses aplikasi bisa terpenuhi.

beberapa tahun belakangan ini, di lingkungan pemerintahan memang dikenal dengan adanya istilah E-Gov, yakni penyelenggaraan kepemerintahan yang berbasis elektronik. di dalamnya tercakup penataan sistem manajemen dan proses kerja yang dilakukan dalam lingkungan pemerintah.

adanya fasilitas E-Gov ini sangat menunjang kinerja Pemkab Tanjab Timur, karena jaringan E-Government bisa dimanfaatkan sebagai sarana informasi daerah melalui layanan website, Unit Layanan Pengadaan (ULP), Sistem Informasi Pengelolaan Keuangan Daerah (SIPKD) dan Sistem Informasi Perencanaan Pembangunan Daerah (SIPPD).

Untuk Tanjab Timur sendiri, seperti dikatakan Heri Suwono, dari Tim Ahli SIPKD, saat ini SIPKD sudah memiliki sistem berbasis web. Namun dalam pelaksanaan implementasinya sistem ini masih memerlukan dukungan jaringan infrastruktur, agar nantinya SIPKD ini bisa diakses secara online dalam waktu bersamaan di manapun posisi pengguna berada. 

Komentar Facebook

DOWNLOAD
File Download & Lampiran

PERKIRAAN CUACA
Kab. Tanjung Jabung Timur

AGENDA KEGIATAN
Kab. Tanjung Jabung Timur

PKK KAB. TANJUNG JABUNG TIMUR
pkk.tanjabtimkab.go.id


BERITA TERKINI

Rabu, 10 April 2024 -
Kamis, 21 Maret 2024 - Berita Pemerintahan
Senin, 18 Maret 2024 -
Rabu, 13 Maret 2024 -
Kamis, 29 Februari 2024 - Berita Pemerintahan