setda@tanjabtimkab.go.id (0740) 7370002
Section

Berita Pemerintahan

30 Anggota DPRD Tanjabtim Dilantik

Selasa, 02 September 2014 | 11:30:45 WIB | Dibaca: 12291 Kali


Muarasabak--Sebanyak 30 orang anggota DPRD Kabupaten Tanjab Timur periode 2014-2019 dilantik. Dan untuk tiga periode berturut, Partai Amanat Nasional kembali mendominasi perolehan kursi dewan. Dari 30 jatah kursi, partai lambang matahari tersebut, menguasai separuhnya, dengan 15 kursi. Tercatat sejak pemilu legislatif tahun 2004, PAN Tanjab Timur mulai mendominasi perolehan kursi dewan. Dengan menempatkan 14 anggota di dewan. Partai yang identik dengan warna biru itu menggusur perolehan kursi Partai Golkar, yang sebelumnya menguasai 15 kursi dewan. Dan sejak rentang periode tersebut, PAN Tanjab Timur seperti tak tergoyahkan.

Puncaknya, pada pelantikan, (Senin, 1 September) PAN menempatkan Sejarah lainnya juga dicatat PAN, dengan menguasai pucuk pimpinan DPRD Tanjab Timur. Dimana Romi Haryanto, menjadi pimpinan dewan selama dua periode berturut. Dan kali ini pun, Romi yang menjabat sebagai sekretaris DPD PAN Tanjab Timur, memiliki peluang besar untuk kembali memegang selaku pimpinan dewan. Lantaran pada pemilu legislatif lalu, Ia meraup suara terbesar sebagai calon legislatif.

Keberhasilan PAN di Tanjab Timur ini, memang tidak terlepas dari geliat kinerja partai tersebut di daerah yang berjuluk “Bumi Sepucuk Nipah Serumbun Nibung” Karena sejak dimekarkan sebagai kabupaten, pada 21 Oktober 1999, kepala daerah Tanjab Timur adalah kader PAN. Mulai dari Abdullah Hich yang menjabat sebagai bupati selama dua periode, hingga Zumi Zola, yang menjabat bupati saat ini. Alhasil, daerah di pesisir timur Provinsi Jambi itu pun menjadi basis PAN.

Namun, sebelum terbentuknya alat kelengkapan dewan periode 2014 - 2019 ini, Mahruf, kader Partai Amanat Nasional terpilih sebagai ketua sementara DPRD Tanjab Timur. Penunjukan ini berdasarkan surat keputusan sekretariat DPRD Tanjab Timur yang dibacakan oleh sekretaris DPRD Tanjab Timur, Sapril.
Selain menunjuk ketua DPRD sementara juga ditunjuk Gatot Sumarto, anggota DPRD Tanjab Timur dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan sebagai wakil ketua.

"Kedua pimpinan DPRD sementara ini akan melaksanakan tugas sampai terbentuknya alat kelengkapan dewan periode 2014-2019, PAN merupakan partai pemenang, sedangkan penunjukan ketua sementara di tunjuk langsung oleh partai,"ujar Sapril Sekwan DPRD Tanjab Timur.

Komentar Facebook

DOWNLOAD
File Download & Lampiran

PERKIRAAN CUACA
Kab. Tanjung Jabung Timur

AGENDA KEGIATAN
Kab. Tanjung Jabung Timur

PKK KAB. TANJUNG JABUNG TIMUR
pkk.tanjabtimkab.go.id


BERITA TERKINI

Rabu, 10 April 2024 -
Kamis, 21 Maret 2024 - Berita Pemerintahan
Senin, 18 Maret 2024 -
Rabu, 13 Maret 2024 -
Kamis, 29 Februari 2024 - Berita Pemerintahan