setda@tanjabtimkab.go.id (0740) 7370002
Section

Berita Daerah

Tanjabtim Dapat Penghargaan Sebagai Kabupaten Layak Anak

Rabu, 24 Juli 2019 | 04:17:07 WIB | Dibaca: 1729 Kali

Sekretaris Daerah Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Sapril menerima penghargaan kabupaten layak anak oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Yohana Susana Yembise

MUARASABAK- Kabupaten Tanjung Jabung Timur kembali menorah prestasi membanggakan. Kali ini penghargaan sebagai salah satu kabupaten layak anak kategori Pratama. Penghargaan ini diterima langsung Sekretaris Daerah Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Sapril oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Yohana Susana Yembise di Ballroom Four Point Hotel di Makassar.

Penghargaan ini berhasil diboyong karena Kabupaten Tanjung Jabung Timur dinilai sebagai daerah yang memiliki komitmen tinggi pada perlindungan dan pemenuhan hak anak. Komitmen dan kepedulian itu dibuktikan dalam bentuk program kegiatan yang menyebar di sejumlah OPD yang mengakomodir kepentingan anak secara serius.

‘’Semua berperan aktif, baik lintas sektoral, DPRAD sebagai mitra pemerintah, dunia usaha dan partisipasi masyarakat,’’ kata Sekda.

Terpisah, Bupati Tanjung Jabung Timur Romi Hariyanto ketika dikomfirmasi terkait raihan prestasi tersebut berterimakasih kepada stakeholder yang terlibat didalamnya. Ia bangga sekaligus merasa tertantang untuk mengejar Kota Layak anak yang Mutlak. Karena itu, ia memerintahkan agar kategori Pratama yang diraih segera ditingkatkan menjadi Madya, Anindya, Utama bahkan KLA Mutlak.

‘’Prestasi itu pemicu saja, prinsipnya, apapun yang kita lakukan ke depan harus menyertakan orientasi kepentingan anak. Bahkan saya juga secara khusus sudah mengarahkan agar apapun yang kita bangun harus mengakomodir kepentingan saudara–saudara penyandang disabilitas,’’ ungkapnya.

Sekda Tanjab Timur, Sapril menerima penghargaan Kabupaten Layak Anak

Untuk mengejar target tersebut, tembah Bupati, diperlukan peran aktif OPD terkait. Peran aktif itu harus dituangkan dalam Rencana Aksi Daerah (RAD). Misalnya bagaimana Dinas Pendidikan segera memastikan terselenggaranya sekolah ramah anak, mulai TK hingga SMA. Lalu, kata Bupati, Dinas Kesehatan bertugas memastikan bahwa Puskesmas di semua kecamatan juga ramah anak.

‘’Begitu pula taman maupun fasilitas umum lainnya. Di setiap sekolah dihadirkan zona selamat sekolah, bahkan tempat ibadah pun harus ramah anak,’’ ujarnya.

Sekda juga akan memastikan bahwa setiap desa, kelurahan dan kecamatan akan berupaya secara sistematis menjadi wilayah yang layak anak.

‘’Banyak sekali hal yang bisa kita lakukan segera untuk menindaklanjuti perintah Pak Bupati agar Tanjabtim layak anak sekaligus ramah disabilitas. Kita akan mulai dari hal – hal nyata yang dalam waktu kedepan ini berjalan. Tinggal singkronisasi saja,’’ ungkap Sekda. (v3nd)

 Editor : Bidang Pengelolaan Informasi dan Komunikasi Publik

Komentar Facebook

DOWNLOAD
File Download & Lampiran

PERKIRAAN CUACA
Kab. Tanjung Jabung Timur

AGENDA KEGIATAN
Kab. Tanjung Jabung Timur

PKK KAB. TANJUNG JABUNG TIMUR
pkk.tanjabtimkab.go.id


BERITA TERKINI

Rabu, 10 April 2024 -
Kamis, 21 Maret 2024 - Berita Pemerintahan
Senin, 18 Maret 2024 -
Rabu, 13 Maret 2024 -
Kamis, 29 Februari 2024 - Berita Pemerintahan