setda@tanjabtimkab.go.id (0740) 7370002
Section

Berita Daerah

Pemprov Beri Sinyal Positif Terkait Upaya Menjadikan Tradisi Mandi Shafar Sebagai Event Provinsi

Minggu, 30 Maret 2014 | 16:35:47 WIB | Dibaca: 4620 Kali


MUARASABAK-Harapan masyarakat Kabupaten Tanjungjabung Timur agar tradisi adat mandi Shafar dijadikan sebagai salah satu even kegiatan Pariwisata Provinsi Jambi mendapat sinyal positif dari Pemprov Jambi. Gubernur Jambi Hasan Basri Agus dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan staf ahli bidang social kemasyarakatan, Hamdani memberikan apresiasi positif dan menyatakan sangat mendukung kegiatan prosesi adat mandi Shafar yang telah dijadikan tradisi tahunan bagi masyarakat dan pemkab Tanjabtim.

Menurut Gubernur, selain sangat kental dengan budaya religi, kegiatan ini juga bisa menjadi ruang perekat tali silaturrahim semua komponen masyarakat sehingga harus terus dilestarikan dan dikembangkan. “Mudah-mudahan nantinya even ini akan dilaksanakan sebagai even Provinsi seperti kegiatan pesta Danau di Kerinci,” ujar Hamdani.

Tidak hanya itu, kedepan lanjut Hamdani sangat dimungkinkan tradisi ini akan dijadikan sebagai even wisata yang mampu meningkatkan perekonomian masyarakat dan peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sector pariwisata.

Sebelumnya Bupati Tanjabtim Zumi Zola Zulkifli menerangkan bahwa prosesi mandi Shafar adalah tradisi warisan nenek moyang berupa ritual adat yang puncak acaranya adalah mandi bersama di laut pantai baabussalam. Hakikat dari prosesi ritual ini kata Zumi Zola adalah meminta kepada Sang Kuasa agar terhindar dari bahaya, penyakit sekaligus mensucikan diri.

Dari sisi hakikat tradisi ini adalah refleksi dari komunitas masyarakat religious, sebuah penjabaran dari filosfi adat bersendikan Syara’ dan Syara’ bersendikan kitabullah masyarakatSepucuk Jambi Sembilan Lurah, sedangkan dari sisi lain mandi Shafar adalah prosesi adat yang merupakan kekayaan budaya daerah yang perlu dilestarikan dan dikembangkan baik dari aspek religius maupun sebagai upaya untuk memajukan perekonomian rakyat dan meningkatkan PAD dari sector pariwisata.

“Atas pertimbangan objektif itulah maka tradisi mandi Shafar ini telah kami tetapkan sebagai agenda kegiatan tahunan masyarakat dan pemkab Tanjab Timur, sekaligus menjadi destinasi pariwisata daerah,” ujarnya.

Terkait upaya pengembangan pariwisata di Kabupaten Tanjabtim, Zumi Zola mengakui bahwa hal itu merupakan bagian dari konsep pembangunan sector pariwisata Provinsi Jambi. Karena itu dia sangat bantuan dari Gubernur Jambi untuk membantu melakukan pembinaan dan bimbingan baik dalam konsep maupun aplikasinya di lapangan.

Komentar Facebook

DOWNLOAD
File Download & Lampiran

PERKIRAAN CUACA
Kab. Tanjung Jabung Timur

AGENDA KEGIATAN
Kab. Tanjung Jabung Timur

PKK KAB. TANJUNG JABUNG TIMUR
pkk.tanjabtimkab.go.id


BERITA TERKINI

Rabu, 10 April 2024 -
Kamis, 21 Maret 2024 - Berita Pemerintahan
Senin, 18 Maret 2024 -
Rabu, 13 Maret 2024 -
Kamis, 29 Februari 2024 - Berita Pemerintahan