setda@tanjabtimkab.go.id (0740) 7370002
Section

Berita Daerah

BUPATI TANJUNG JABUNG TIMUR INGIN JADIKAN GAMBUT SUMBER LISTRIK

Minggu, 30 Maret 2014 | 14:19:10 WIB | Dibaca: 8399 Kali


 Bupati Tanjung Jabung Timur, Provinsi Jambi, Zumi Zola bertekad mengubah sebagian besar lahan gambut di daerah itu sebagai pembangkit tenaga listrik.

Dia menjelaskan, berdasarkan hasil penelitian, kawasan lahan gambut bisa diubah menjadi pembangkit tenaga listrik dengan memanfaatkan proses biogas. "Lahan gambut bisa diambil gasnya, sehingga bisa diubah fungsinya sebagi pembangkit listrik tenaga gas (PLTG)," ujar Zumi Zola di Muarasabak, ibu kota Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim), Selasa.

Mantan aktor film dan pesinetron ini mengatakan, 40 persen lebih kawasan Tanjabtim merupakan daerah gambut yang sama sekali belum termanfaatkan. Di sisi lain, Tanjabtim yang terdiri dari 193 desa dan kelurahan baru separuhnya yang teraliri listrik. Sisanya, masih mengandalkan alat penerangan konvensional.

"Selain kondisi wilayah yang terbelah-belah aliran sungai dan laut, daya listrik yang ada juga masih kurang untuk memenuhi kebutuhan listrik masyarakat Tanjabtim," katanya.

Untuk memenuhi kebutuhan listrik masyarakat, sejak lima tahun terakhir, Pemkab Tanjabtim terus mengupayakan pembangunan listrik pedesaan dengan memberdayakan pembangkit-pembangkit listrik tenaga diesel maupun matahari. Namun skalanya masih kecil dan hanya bisa dinikmati di beberapa kawasan tertentu.

"Mulai 2011 ini kami akan intensifkan bagaimana menggandeng investor yang benar-benar mampu mengolah kawasan gambut untuk diubah menjadi tenaga listrik," ujar.

Dia menambahkan, Pemkab Tanjabtim beberapa kali telah mengadakan pertemuan dengan pihak investor, mulai dari investor wisata, perkebunan dan gas alam.

Bahkan, kata Zumi Zola, saat dirinya dilantik April 2011 lalu, pihaknya telah mengundang sedikitnya 100 orang investor lebih untuk menggali potensi di kawasan paling timur Provinsi Jambi itu.

"Kuncinya adalah kemudahan dan jaminan berinvestasi. Namun bukan kemudahan yang tanpa aturan, pengelolaannya harus jelas dan menitikberatkan pada kepentingan masyarakat daerah," tambah bupati termuda di Indonesia ini

Komentar Facebook

DOWNLOAD
File Download & Lampiran

PERKIRAAN CUACA
Kab. Tanjung Jabung Timur

AGENDA KEGIATAN
Kab. Tanjung Jabung Timur

PKK KAB. TANJUNG JABUNG TIMUR
pkk.tanjabtimkab.go.id


BERITA TERKINI

Rabu, 10 April 2024 -
Kamis, 21 Maret 2024 - Berita Pemerintahan
Senin, 18 Maret 2024 -
Rabu, 13 Maret 2024 -
Kamis, 29 Februari 2024 - Berita Pemerintahan