Kemendes PDT Apresiasi Komitmen Bupati
Kamis, 30 Agustus 2018 | 13:12:17 WIB | Kategori: Berita Daerah | Dibaca: 72 Kali


Bupati Tanjung Jabung Timur Romi Hariyanto menyampaikan sambutannya

MUARASABAK- Dirjen Pengembangan Kawasan Transmigrasi Kementerian Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggaldan Transmigrasi (PDT), M Nurdin memberi apresiasi terhadap komitmen Bupati Tanjung Jabung Timur atas kemajuan kawasan Kota Terpadu Mandiri (KTM) Geragai. Progres yang cukup signifikan ini dinilai merupakan dari tingginya komitmen Bupati pengemban amanah mengelola KTM. Menurutnya, dari 48 KTM yang diprogramkan Kemendes PDT saat ini hanya tinggal 20 yang diteruskan. 20 ini pun masih dalam tahap evaluasi, termasuk KTM Geragai. Namun, melihat kemajuan KTM Geragai saat ini, Nurdin optimis KTM ini akan menjadi salah satu yang dipertahankan untuk terus dikembangkan.

“Mengapa kami evaluasi? Karena memang komitmen kepala daerah pengelola KTM menjadikan penentu sukses tidaknya KTM, yang pada muaranya adalah tolok ukur kinerja kami di kementerian,” kata Nurdin dalam sambutannya di hadapan Plt Gubernur Jambi Fachrori Umar dan Bupati Tanjung Jabung Timur Romi Hariyanto.

Ia mengaku sangat senang, menjadi salah satu tamu kehormatan pada acara hari puncak peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke XXV, Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) XV, Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke 46, Hari Anak Nasional dan Gelar Hari Teknologi Tepat Guna (HTTG) XIX tingkat Provinsi Jambi tahun 2018 di Kota Terpadu Mandiri (KTM) Kecamatan Geragai Kabupaten Tanjung Jabung Timur.

Jika dalam tahap evaluasi nanti KTM Geragai dianggap layak untuk diteruskan, Nurdin memastikan pengembangan lanjutannya akan masuk di RPJM 2019-2024.

Dimintai tanggapannya, Bupati Tanjabtim Romi Hariyanto menjelaskan bahwa dia akan terus berkomunikasi dengan pihak KemendesPDT terkait rencana pemgembangan KTM. Soal komitmen daerah, Romi memastikan pihaknya lah yang lebih berharap atas kelanjutan KTM.

“Soal komitmen jangan diragukan. Seribu persen kami siap meneruskan KTM sepanjang kemendes mendukung,” tegas Bupati usai acara.

Dijelaskan Romi, selain insfrastruktur KTM, saat ini di KTM sendiri tengah diseriusi pengembangan kebun buah seluas 30 hektar. Di KTM juga sudah tersedia Taman Teknologi Pertanian (TTP). Soal infrastruktur, tahun ini lewat DAK Afirmasi telah dibangun jalan dengan total anggaran 7,9 miliar. Bahkan untuk peningkatan jalan dua jalur di lokasi KTM itu, tahun depan direncanakan ada tambahan anggaran sebesar Rp 13 miliar lebih.

“Sudah kita bahas belum lama ini di kementerian, insya Allah masuk tahun depan,” kata Mariontoni, Kepala Dinas Ketanagakerjaan Tanjabtim menimpali.

Kehadiran Dirjen M Nurdin di acara Harganas  tersebut juga dalam rangka menyerahkan sejumlah bantuan kementerian. Bantuan KBM PAUD – TK, bantuan pengembangan usaha transmigrasi dan bantuan sarana dan prasarana transmigrasi khusus untuk KTM Geragai. Adapun bantuan sarana dan prasarana itu berwujud jalan 1,67 KM, kanal 4,6 KM, normalisasi saluran 1,6KM, pembangunan embung dan kegiatan rencana aksi pengelolaan lingkungan

 

Sumber: Dinas Komunikasi dan Informatika



BERITA TERBARU


Komentar

POTENSI DAERAH

GALLERY KEGIATAN

ONLINE SURVEY

Bagaimana Menurut Anda Informasi Yang kami Sediakan?
Sangat Lengkap
Lengkap
Tidak lengkap
Sangat Tidak Lengkap

ONLINE SUPPORT