setda@tanjabtimkab.go.id (0740) 7370002
Section

Berita Daerah

Pemkab Pastikan Stok Daging Cukup

Rabu, 09 Mei 2018 | 09:26:00 WIB | Dibaca: 1073 Kali

Wakil Bupati Tanjung Jabung Timur Robby Nahliansyah saat melakukan kunjungan kerja beberapa waktu lalu

MUARASABAK- Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Timur melalui Dinas Perkebunan dan Peternakan memastikan stok daging sapi menjelang Bulan Suci Ramadhan hingga Hari Raya Idul Fitri 1439 Hijriyah/2018, aman.

Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan, Rajito mengatakan, dari inventarisasi di lapangan, perkiraan kebutuhan daging sapi menjelang Bulan Suci Ramadhan di Sebelas Kecamatan di Kabupaten Tanjab Timur sebanyak 52 ekor sapi.

‘’Karena kebiasaan, budaya kita biasanya kalau mau masuk hari pertama puasa itu, animo paling tinggi biasanya daging sapi,’’ kata Rajito.

Dilanjutkan Radjito, pihaknya berencana melakukan pemotongan sapi sebanyak 21 ekor. ‘’Ini tersebar di Sebelas kecamatan,’’ ujarnya.

Sementara ketersediaan stok sapi yang ada di pedagang saat ini sebanyak 136 ekor. Tapi kalau diakumulasi stok sapi yang ada di petani yang siap untuk dijual sebanyak 784.

‘’Mudah-mudahan untuk kebutuhan mejelang Ramadhan dan Insya Allah sampai lebaran itu mencukupi, dan bahkan petani kita itu ada yang menjual keluar daerah,’’ sebutnya.

‘’Kalau soal harga daging sapi ditetapkan sebesar Rp. 130 per kilogram dan tertinggi Rp. 140 per kilogram. Karena di Sebelas Kecamatan ini tidak sama, mungkin harga di Sabak berbeda dengan di kecamatan lainya,’’ tambahnya.

Selain itu, dikatakan Rajito, untuk menjamin masyarakat Kabupaten Tanjabtim mengkonsumsi daging sapi yang Asuh alias Aman Sehat Utuh dan Halal. ‘’Petugas dokter dan para medis kesehatan hewan kita melakukan pemeriksaan kesehatan ternak sebelum dipotong. Hewan yang sudah diperiksa dan dinyatakan sehat itu lalu diberi tanda atau lebel sebelum dipotong,’’ jelasnya.

Di Bulan Ramadhan pun, pihak Dinas Peternakan dan Perkebunan pun akan terus melakukan pengawasan dan pengecekan ditempat-tempat penjuaan produk hasil perternakan seperti di pasar. ‘’Yang kita pantau ini, jangan sampai daging yang dijual itu sampai ada daging oplosan, ada daging tiren mati kemarin dipotong lalu dijual serta daging berpormalin. Ini juga berkaitan kami menjamin masyarakat mengkonsumsi daging-daging yang Asuh,’’ bebernya.

Komentar Facebook

DOWNLOAD
File Download & Lampiran

PERKIRAAN CUACA
Kab. Tanjung Jabung Timur

AGENDA KEGIATAN
Kab. Tanjung Jabung Timur

PKK KAB. TANJUNG JABUNG TIMUR
pkk.tanjabtimkab.go.id


BERITA TERKINI

Rabu, 10 April 2024 -
Kamis, 21 Maret 2024 - Berita Pemerintahan
Senin, 18 Maret 2024 -
Rabu, 13 Maret 2024 -
Kamis, 29 Februari 2024 - Berita Pemerintahan