setda@tanjabtimkab.go.id (0740) 7370002
Section

Berita Daerah

55 Cagar Budaya Ditemukan Diperairan Tanjab Timur

Selasa, 06 Juni 2017 | 14:42:14 WIB | Dibaca: 2260 Kali

Wakil Bupati Tanjung Jabung Timur Robby Nahliansyah saat menyerahkan cagar budaya yang ditemukan di Air Hitam Laut

 MUARASABAK- Sebanyak 55 cagar budaya berhasil ditemukan diperairan Air Hitam Laut Kecamatan Sadu Kabupaten Tanjung Jabung Timur, awal Mei lalu. Penemuan cagar budaya ini oleh Mansur, seorang nelayan warga sekitar saat mencari ikan. Cerita ini berawal ketika Mansur menemukan jarring ikannya tersangkut, setelah dibawa kepermukaan ditemukan sejumlah barang bersejarah berupa  6 buah Tempayan, 12 Buah Guci, 31 Mangkok, 4 Buah Vas Bunga dan 2 Buah Wadah berkaki tiga, selanjutnya barang bersejarah ini diserahkan ke Polres Tanjab Timur. “Kita belum tahu sejarahnya dan berapa usianya, tapi sudah dilakukan pengecekan dengan membawa sampel untuk anlisis di kantor Balai,”ungkap Waka Polres Tanjab Timur, Kompol Ali Sadikin.

Setelah menerima cagar budaya tersebut dari Polres Tanjung Jabung Timur, Wakil Bupati Robby Nahliansyah langsung menitipkan cagar budaya ini di Balai Pelestarian Cagar Budaya Jambi. Wabup mengatakan, saat ini kabupaten Tanjung Jabung Timur belum memiliki museum, makanya dititipkan di Balai agar cagar budaya ini dapat dirawat dan dijaga dengan baik.

“Kita telah bekerjasama dengan Balai Pelestarian Cagar Budaya Jambi. Ini akan kita titip ke Balai, setelah kita punya musium sendiri nanti, baru akan kita ambil kembali untuk dipasang di museum kita,” tandasnya.

Komentar Facebook

DOWNLOAD
File Download & Lampiran

PERKIRAAN CUACA
Kab. Tanjung Jabung Timur

AGENDA KEGIATAN
Kab. Tanjung Jabung Timur

PKK KAB. TANJUNG JABUNG TIMUR
pkk.tanjabtimkab.go.id


BERITA TERKINI

Rabu, 10 April 2024 -
Kamis, 21 Maret 2024 - Berita Pemerintahan
Senin, 18 Maret 2024 -
Rabu, 13 Maret 2024 -
Kamis, 29 Februari 2024 - Berita Pemerintahan