-->
Berkas Cakades Masuk Tahap Verifikasi
Senin, 19 September 2016 | 20:41:35 WIB | Kategori: Berita Daerah | Dibaca: 301 Kali


MUARASABAK-Setelah dilakukannya pendaftaran Calon Kepala Desa (Cakades) dari tanggal 31 Agustus hingga tanggal8 September 2016 lalu, saat ini berkas Cakades sudah masuk tahap verifikasi. Hal itu dilakukan, agar tidak adanya berkas-berkas Cakades yang dipalsukan seperti ijazah.

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Pemerintahan Desa dan Kelurahan (BPMPDK) Kabupaten Tanjabtim, Junaedi Rahmad melalui Kabid Pemerintahan Desa dan Kelurahan, Suiswanto mengatakan, berkas Cakdes tersebut akan diverifikasi oleh tim dari Desa, Kecamatan dan Kabupaten. ‘’Kita saat ini sudah masuk tahap verifikasi berkas Cakades. Itu nanti yang verifikasinya tim dari desa, Kecamatan dan Kabupaten,’’ kata Suiswanto, saat ditemui diruang kerjanya, Kamis (15/9) kemarin.

Dijelaskannya, dalam tahap verifikasi ini pihaknya akan meminta Cakades untuk menunjukan berkas asli yang telah diserahkan. ‘’Hal itu dilakukan agar tidak adanya kecurangan yang terjadi pada Pilkades serentak di Kabupaten Tanjabtim pada bulan November mendatang,’’ jelasnya.

Dia menyebutkan, jika nanti ada ditemukan Cakades memakai berkas palsu seperti pemalsuan ijazah, maka Cakades tersebut akan digugurkan. Selain itu dia mengatakan, untuk batasan Cakades minimal 2 calon dan maksimal 5 calon. ‘’Cakades akan digugurkan, jika yang bersangkutan tidak bisa menunjukan berkas asli. Untuk calon, itu minimal 2 orang dan maksimal 5 orang,’’ terangnya.

Saat ditanya berapa jumlah keseluruhan Calon Kepala Desa di 45 Desa yang sudah mendaftar?. Dikatakannya, untuk saat ini dia belum mengetahui berapa jumlah calon yang sudah mendaftar. Yang jelas pihaknya sekarang tengah mengumpulkan data setiap Desa. ‘’Kita belum tahu angkanya mas. Saat ini kami sedang merekap data calon disetiap desa,’’ jawabnya.

Dia menambahkan, untuk penetapan keseluruhan calon belum bisa dilakukan. Pasalnya, saat ini masih ada tahapan-tahapan yang harus dilalui, seperti tes tertulis, wawancara dan seleksi-seleksi yang masih banyak lagi harus dilakukan. Penetapan itu nantinya akan dilakukan di Kabupaten. ‘’Masih ada tes yang harus dilalui para Cakades, seperti tes tertulis, wawancara dan lain-lain,’’ tukasnya.

Sumber:



BERITA TERBARU


Komentar

POTENSI DAERAH

GALLERY KEGIATAN

ONLINE SURVEY

Bagaimana Menurut Anda Informasi Yang kami Sediakan?
Sangat Lengkap
Lengkap
Tidak lengkap
Sangat Tidak Lengkap

ONLINE SUPPORT