POTENSI DAERAH

ONLINE SURVEY

Bagaimana Menurut Anda Informasi Yang kami Sediakan?
Sangat Lengkap
Lengkap
Tidak lengkap
Sangat Tidak Lengkap

KATEGORI DOKUMEN

JADWAL KEGIATAN

06

September
PELAKSANAAN MUSRENBANG RENCANA PEMBANGUNAN JANGKA MENENGAH DAERAH KABUPATEN TANJUNG JABUNG TIMUR TAHUN 2016 - 2021
Aula Kantor Bupati Tanjung Jabung Timur
02

Maret
Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal RKPD 2017
Aula Kantor Bupati Tanjung Jabung Timur
29

Oktober
Pembahasan RAPBD TA 2015
Kantor Sekretariat DPRD Kabupaten Tanjung Jabung TImur
Migas dan Pertambangan
Selasa, 26 Agustus 2014 | 14:19:29 WIB | Dibaca: 6843 Kali


SEKTOR PERTAMBANGAN

Potensi pertambangan khususnya minyak dan gas bumi di Kabupaten Tanjung Jabung Timur telah terekploitasi dan perannya terhadap pendapatan daerah menunjukan peran yang signifikan. Sampai saat ini sub-sektor pertambangan yang telah terekploitasi dengan baik hanya minyak dan gas bumi. Walau banyak ditemukan ragam potensi tambang lain beruapa potensi sumberdaya alam seperti Gambut, Andesit, Pasir Pantai, Pasir Sungai, Kaolin, Tanah Liat, Pasir Kuarsa pengelolaannya masih dikerjakan oleh industri rumah tangga.

Kabupaten Tanjung Jabung Timur memilki kandungan minyak bumi dan gas yang cukup besar. Pada saat ini ada 2 perusahaan asing yang beroperasi yaitu Petronas dari Malaysia Petro China. Kabupaten Tanjung Jabung Timur memiliki cadangan minyak bumi kurang lebih 250 juta barrel sedangkan gas alam cair potensinya 2 sebanyak Milyard  Feet Cubic Gas sebagai potensi sumber daya hayati.

Selain minyak gas dan bumi bahan galian tambang potensial untuk dikembangakan lainnya diantaranya yaitu Gambut, Andesit, Pasir Pantai, Pasir Sungai, Kaolin, Tanah Liat, Granit Putih, dan Pasir Kuarsa.

1)      Bahan galian andesit yang dapat dimanfaatkan untuk batu dinding atau batu ukiran terdapat di Kecamatan Muara Sabak Barat (Kelurahan Parit Culum) dengan deposit mencapai kurang lebih 320.460.000 m³.

2)      Pasir Pantai banyak terdapat disepanjang pantai barat  di Desa Baku Tuo Kecamatan Sadu, volume cadangan sekitar 51.750.000 m³

3)      Jumlah volume cadangan tereka tanah liat di Kabupaten Tanjung Jabung Timur sekitar 65.916.000 m³ yang tersebar di Kecamatan Berbak, Kecamatan Rantau Rasau, Kecamatan Dendang dan Kecamatan Mendahara.

4)      Jumlah volume cadangan Pasir Sungai tereka yang tersebar di sepanjang tepi sungai Berbak Kecamatan Rantau Rasau dengan volume sekitar 11.695.299 m³.

Jumlah volume cadangan tereka Kaolin sekitar 629.500 m³ yang tersebar di Kecamatan Rantau Rasau, Kecamatan Nipah Panjang dan Kecamatan Mendahara Ulu.