-->

POTENSI DAERAH

ONLINE SURVEY

Bagaimana Menurut Anda Informasi Yang kami Sediakan?
Sangat Lengkap
Lengkap
Tidak lengkap
Sangat Tidak Lengkap

KATEGORI DOKUMEN

JADWAL KEGIATAN

06

September
PELAKSANAAN MUSRENBANG RENCANA PEMBANGUNAN JANGKA MENENGAH DAERAH KABUPATEN TANJUNG JABUNG TIMUR TAHUN 2016 - 2021
Aula Kantor Bupati Tanjung Jabung Timur
02

Maret
Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal RKPD 2017
Aula Kantor Bupati Tanjung Jabung Timur
29

Oktober
Pembahasan RAPBD TA 2015
Kantor Sekretariat DPRD Kabupaten Tanjung Jabung TImur
Infrastruktur Pelabuhan Kab. Tanjung Jabung Timur
Minggu, 30 Maret 2014 | 14:36:13 WIB | Dibaca: 4535 Kali


Pelabuhan Muara Sabak

Hasil penelitian yang dilakukan beberapa lembaga Institut Teknologi Bandung, PT.Deserco Development Service, dan Japan International Cooperation Agency (JICA) menyebutkan Pelabuhan Muara Sabak, Jambi merupakan satu dari tujuh pelabuhan sungai di Indonesia yang memiliki prospek sangat menguntungkan.

Pelabuhan Muara Sabak saat ini telah memiliki berbagai fasilitas luas areal yang relatif besar yaitu 189 Ha dengan kedalaman alur pelayaran sampai dengan 4,5 LWS (Lower Water Sea-di bawah permukaan laut), kedalaman kolam pelabuhan 5 LWS-7 LWS, dermaga beton ukuran 50 m x 15 m, trestel (jembatan penghubung) beton ukuran 47 m x 8 m, mooring dolphin (sarana tambat kapal) dua buah, bolder enam buah, lapangan penumpukan seluas 2.337 m2, instalasi pipa air yang siap operasi serta lampu penerangan dermaga.

Dengan fasilitas tersebut, Pelabuhan Muara Sabak dapat dilalui kapal barang dengan kapasitas rata-rata 14.000 GT (gross ton-bobot mati) dengan panjang rata-rata 152 m dan muatan rata-rata 10.000 ton. Meskipun sudah dapat melayani aktivitas bongkar muat, namun hingga saat ini masih sepi pengunjung dan masih jarang perusahaan yang memanfaatkan pelabuhan ini. Ini terjadi karena Pemprov Jambi sebagai regulator di daerah dan PT. Pelindo Cabang Jambi belum secara maksimal memanfaatkan pelabuhan ini.

Sampai saat ini lebih dari 10 investor ingin memanfaatkan areal pelabuhan itu guna membangun berbagai fasilitas penunjang ekspor. Di antaranya PT.Biodiesel Jambi yang akan membangun pabrik dan tangki timbun CPO.