setda@tanjabtimkab.go.id (0740) 7370002
Section

Berita Daerah

Gubernur Panen Padi di Simpang Datuk

Kamis, 21 Maret 2019 | 11:04:53 WIB | Dibaca: 2142 Kali

Gubernur Jambi dan Bupati Tanjung Jabung Timur memanen padi secara simbolis

MUARASABAK- Gubernur Jambi Fahrori Umar melakukan panen padi di Desa Simpang Datuk Kecamatan Nipah Panjang, Rabu (20/3). Kegiatan panen ini dalam mewujudkan kemandirian benih di Kabupaten Tanjung Jabung Timur, penangkaran padi kegiatan pembenihan berbasis korporasi.

Hadir dalam acara tersebut Bupati Romi Hariyanto, Wakil Bupati Tanjabtim, Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Kabupaten Tanjabtim, Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Provinsi Jambi, Kepala Bulog Provinsi Jambi, unsur Formkompinda Tanjabtim, sejumlah OPD Tanjabtim serta para undangan lainnya dengan megusung tema ‘’Kita Wujudkan Swasembada Benih di Provinsi Jambi Menuju Jambi Tuntas 2021”.

Dikatakan Gubernur, pada tahun 2019 ini, sasaran luas tanam padi sebesar 178.234 Ha dengan sasaran produksi bekisarab 845 ribu ton. Hal ini menunjukan bahwa Provinsi Jambi optimis masih bisa meningkatkan produksi nyata.

“Tentunya dengan berbagai upaya yang dilakukan, seperti diantaranya optimalisasi dan pembuatan areal tanam melalui cetak sawah, perbaikan jaringan irigasi, pembangunan embung serta rehabilitasi serta konservasi lahan pertanian,” katanya. .

Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Provinsi Jambi, Ahmad Maushul mengatakan, di Kabupaten Tanjung Jabung Timur luas kegiatan penangkaran benih pola korporasi ini adalah 220 Ha, dan terluas di Desa Simpang Datuk ini, yakni 150 Ha yang dikelola oleh 6 kelompok tani, dengan varietas inparan 8. Dengan penangkaran benih seluas 220 Ha, dan produksi benih 3,0 ton per Ha, maka di prediksi akan tersedia benih Ik 660 ton atau setara untuk pertanaman 26000 Ha.

“Pola korporasi ini dikembangkan disetiap kabupaten/kota, sehingga semua benih yang ditanam di Provinsi Jambi, berasal dari dalam daerah Jambi, sehingga Provinsi Jambi dapat mandiri benih, bahkan agar dapat menyuplai di provinsi tetangga yang terdekat,” katanya.

Sementara itu, Bupati Tanjung Jabung Timur Romi Hariyanto dalam sambutannya menyampaikan terimakasih kepada bapak Gubernur Jambi, yang telah mendukung kegiatan ini, sehingga acara ini bisa berjalan dengan lancar.

“Kegiatan ini tidak akan terlaksana jika tidak ada bantuan dari Bapak Gubernur Jambi dan Pemerintah Pusat. Mohon bimbingan dari Bapak Gubernur, agar kendala-kendala yang ada di masyarakat kami dapat teratasi,” harapnya.

Acara dilanjutkan dengan penyerahan bantuan secara simbolis dari dana APBN oleh Gubernur Jambi, tumpang sari padi – jagung 5000 Ha, tumpang sari padi – kedele 2500 Ha, bantuan benih padi sawah 10000 Ha, banguan benih padi ladang 7500 Ha, bantuan herbisida 7500 Ha dan fasilitas unit pengelolaan pupuk organik 5 unit. Bantuan sarana pasca panen, yakni power threser sebanyak 90 unit, power threser multi guna 20 unit, com sheller 30 unit, RMU 1 unit dan UPH kedelai 1 unit.

Kemudian bantuan dari Pemkab Tanjabtim, yakni tumpang sari padi – jagung sebesar 50 Ha, tumpang sari padi – kedele 250 Ha, tumpang sari kedele- jagung 500 Ha dan bantuan herbisida 800 Ha. Selanjutnya, bantuan sarana pasca panen, seperti power threser sebanyak 10 unit, power threser multi guna 3 unit, com shelled 5 unit dan UPH kedele 1 unit. 

 

Komentar Facebook

DOWNLOAD
File Download & Lampiran

PERKIRAAN CUACA
Kab. Tanjung Jabung Timur

AGENDA KEGIATAN
Kab. Tanjung Jabung Timur

PKK KAB. TANJUNG JABUNG TIMUR
pkk.tanjabtimkab.go.id


BERITA TERKINI

Senin, 18 Maret 2024 -
Rabu, 13 Maret 2024 -
Kamis, 29 Februari 2024 - Berita Pemerintahan
Rabu, 28 Februari 2024 - Berita Pemerintahan
Kamis, 25 Januari 2024 - Berita Pemerintahan