setda@tanjabtimkab.go.id (0740) 7370002
Section

Berita Daerah

PT HIK Akan Segera Beroperasi

Kamis, 14 Maret 2019 | 16:00:52 WIB | Dibaca: 4345 Kali

Bupati Tanjung Jabung Timur Romi Hariyanto saat mengunjungi pabrik PT HIK

MUARASABAK- Para petani perkebunan kelapa di Bumi Sepucuk Nipah Serumpun bakal bergembira. Pasalnya, salah satu pabrik pengelolahan kelapa yang berlokasi di Kecamatan Muara Sabak Barat akan segera beroperasi. Pabrik yang direncanakan dibuka pada bulan Juli mendatang akan menampung kelapa bulat 100 ton per hari. Kehadiran pabrik kelapa PT Huma Indo Kelapa (PT HIK) ini tentu menjawab harapan sebagian besar warga Kabupaten Tanjung Jabung Timur.  Persoalan nilai jual dan pangsa pasar kelapa selama ini akan segera terjawab. ‘’Dalam menentukan harga pembelian Kelapa Dalam dari petani berlaku seminggu. Dan kita akan trasparan soal harga, kita akan umumkan setiap hari Sabtu. Artinya, kalau kita sudah umumkan Sabtu harga sekian, harga itu akan berlaku hingga Sabtu depan,”ungkap Husin Arifin, Manager PT. Huma Indo Kelapa, Kamis (14/3), saat kunjungan Bupati Tanjab Timur, Romi Hariyanto.

Dijelaskan, PT. HIK akan mengolah Kelapa menjadi beberapa turunan. Diantaranya, Tepung, Minyak, Bungkil dan Tempurung. Produk yang dihasilkan ini 80 persen akann diekspore ke Luar Negri. Tepung dan Minyak akan diekpore ke Tailand sebanyak 80 persen dari hasil Produksi nantinya.

“Produk kita nanti memang semuanya standar ekspore. Tailand sudah minta dengan kita. Yang didalam Negri Jakarta palingan hanya 20 persen. Sisanya kita ekspor,”jelasnya.

Sementara itu, Bupati Tanjab Timur, H. Romi Hariyanto meminta, PT. HIK membuka seluas-luasnya bagi siapa saja yang ingin menyuplai Kelapa ke PT. HIK. Romi tidak ingin ada monopli segelintir orang. Makanya,untuk persoalan ini Romi meminta perusahaan berkoordinasi dengan Pemda Tanjab Timur.

“Kita tidak punya maksud apa-apa. Kita hanya tidak ingin ada monopoli, dan pada kahirnya merugikan Petani. Mau kita Perusahaan untung, Delivery Order (DO), untung, petani juga untung,”tegasnya. 

 

Komentar Facebook

DOWNLOAD
File Download & Lampiran

PERKIRAAN CUACA
Kab. Tanjung Jabung Timur

AGENDA KEGIATAN
Kab. Tanjung Jabung Timur

PKK KAB. TANJUNG JABUNG TIMUR
pkk.tanjabtimkab.go.id


BERITA TERKINI

Rabu, 13 Maret 2024 -
Kamis, 29 Februari 2024 - Berita Pemerintahan
Rabu, 28 Februari 2024 - Berita Pemerintahan
Kamis, 25 Januari 2024 - Berita Pemerintahan
Rabu, 24 Januari 2024 - Berita Daerah