setda@tanjabtimkab.go.id (0740) 7370002
Section

Berita Daerah

Kementerian Kemaritiman dan Pelindo Kunker ke Pelabuhan Samudera

Jumat, 19 Oktober 2018 | 10:22:12 WIB | Dibaca: 1818 Kali

Bupati dan Wabup bersama rombongan Kementerian Kemaritiman

MUARASABAK – Bupati Tanjung Jabung Timur Romi Hariyanto bersama Wakil Bupati Tanjung Jabung Timur Robby Nahliansyah menyambut kedatangan rombongan Kementrian Koordinator Kemaritiman dan PT. Pelabuhan Indonesia II (Pelindo) dalam rangka Kunjungan Kerja meninjau secara terpadu rencana pembangunan pelabuhan Samudera Muara Sabak Kabupaten Tanjung Jabung Timur, pada Rabu (17/10).

Hadir dalam Kunkertersebut Deputi III Bidang Koordinasi Infrastuktur Ridwan Djamaluddin, Deputi Sekertaris Kabinet Bidang Pereekonomian Agustina Murbaningsih, Direktur Pengelolaan Anak Perusahaan Pelindo Riry Syeried Jetta, Direktur PT. PTP Ari Henriyanto, serta General Manager Pelindo Cabang Jambi Kartiko Yuwono.

Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur Kementrian Kemaritiman Ridwan Djamaluddin, saat dikomfirmasi mengungkapkan, Pemerintah sedang berusaha memastikan rencana pembangunan di Kabupaten Tanjung Jabung Timur dilakukan secara terpadu dan diharapkan berdampak sebesar-besarnya bagi masyarakat. 

‘’Di sinikan sudah ada infrastruktur pelabuhan yang sudah lama dibangun namun belum makasimal. Kita akan lihat pilihan-pilihanya, kalau ternyata nanti akan lebih mudah dan lebih murah jika logistik dibongkar di sini, kita akan arahkan ke sini,’’ kata Ridwan.

Namun, kata Ridwan, pihaknya juga akan tetap melihat secara terpadu rencana pembangunan pelabuhan di Ujung Jabung agar tidak ada keragu-raguan dalam pembangunan kedua pelabuhan tersebut.  

‘’Secara keseluruhan kami sedang merencanakan untuk melihat secara terpadu, karenakan kita tahu juga ada rencana yang lain seperti saya dengar ada pelabuhan Ujung Jabung dan lain-lain. Itu yang mau kita pastikan supaya tidak ada keragu-raguan, apa yang mau dilakukan terhadap ujung jabung, apakah mau terus atau tidak terus, sehingga nanti perencanaanya betul-betu secara terpadu,’’ ungkapnya.

Ia menjelaskan, adapun konsep yang dilakukan saat ini adalah menurunkan biaya logistik. ‘’Kalau memang dengan memanfaatkan ini lebih menurunkan biaya logistik, artinya barang-barang di masyarakat bisa lebih murah kita akan upayakan itu semaksimal mungkin’’ katanya.

Ridwan juga memastikan Pelabuhan Samudra Muara Sabak tetap jadi catatan pihaknya melihat komitmen dan upaya Bupati Tanjung Jabung Timur dengan Pelindo dalam membangun kerjasama untuk meningkatkan pelabuhan. 

Sementara itu, General Manager Pelindo Cabang Jambi Kartiko Yuwono menyampaikan pihaknya akan berusaha memasarkan lagi kepada pelaku usaha untuk memakai dan memanfaatakan pelabuhan samudra Muara Sabak tersebut sebagai tempat  kegiatan bongkar muat barang. 

‘’Kita sudah melakukan Investasi di sini, artinya bahwa uang yang sudah kita belanjakan harus dipertanggung Jawabkan, nah bentuk pertanggung jawabanya itu ya harus diaktifkan pelabuhan ini,’’ ujarnya.

Untuk meyakinkan para pelaku usaha untuk melakukan kegiatan Bongkar muat di Pelabuhan Samudra tersebut, pihak pelindo dalam waktu dekat akan melakukan pertemuan dengan para pelaku usaha. Selain itu pada akhir bulan ini juga pihak pelindo akan memindahkan satu unit kren dari Pelabuhan talang duku ke Pelabuhan Samudra Muarasabak. 

‘’Mudah-mudahan upaya kami dalam meyakinkan itu benar-benar bisa membuka, bahwa kegiatan di sini sebenarnya tidak perlu dikhawatirkan,’’ ungkapnya.

Menurut Yuwono, para pelaku usaha akan mendapatkan keuntungan lebih besar jika bongkar muat dilakukan di  Pelabuhan Samudra Muarasabak.

 

‘’Kalau kita melihatnya dari sisi waktu dilevery yang jauh lebih singkat dibandingkan ke Pelabuhan Talang Duku sana,’’ tandasnya.

 

Komentar Facebook

DOWNLOAD
File Download & Lampiran

PERKIRAAN CUACA
Kab. Tanjung Jabung Timur

AGENDA KEGIATAN
Kab. Tanjung Jabung Timur

PKK KAB. TANJUNG JABUNG TIMUR
pkk.tanjabtimkab.go.id


BERITA TERKINI

Rabu, 10 April 2024 -
Kamis, 21 Maret 2024 - Berita Pemerintahan
Senin, 18 Maret 2024 -
Rabu, 13 Maret 2024 -
Kamis, 29 Februari 2024 - Berita Pemerintahan