Pemkab Tunggu Perhitungan Pihak ke Tiga
Rabu, 12 September 2018 | 14:13:19 WIB | Kategori: Berita Daerah | Dibaca: 64 Kali


Wakil Bupati Tanjung Jabung Timur Robby Nahliansyah

 

MUARASABAK – Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Timur masih menunggu perhitungan pihak ke tiga terkait pembangunan jembatan Nipah Panjang – Sadu. Hal ini disampaikan Wakil Bupati Tanjung Jabung Timur Raobby Nahliansyah kepada sejumlah wartawan beberapa waktu lalu. Menurut Wabup, saat ini masih dilakukan negosiasi dengan pihak ke tiga terkait perhitungan biaya pembangunan jembatan Nipah Panjang – Sadu.

‘’Sampai saat ini kita masih menunggu hasil perhitungan pihak ketiga. Jika sudah ketemu, maka pelaksanaan pembangunan akan segera dilakukan,’’ katanya.

Pada prinsipnya Pemkab Tanjab Timur berharap pembangunan jembatan Nipah Panjang – Sadu tidak menjadi beban APBD Kabuaten Tanjung Jabung Timur.

‘’Makanya kita gandeng pihak ketiga,’’ jelasnya.

Untuk diketahui, besarnya biaya peruntukan pembangunan jembatan Penghubung Nipah-Sadu membuat Pemerintah Daerah mencoba mengajukan permohonan ke Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas). Kabar terakhir yang diterima, pengajuan Pemerintah Daerah ke Bappenas sudah menyetujuinya. Dengan artian, jika disetujui Pemerintah Tanjabtim hanya terima jadi. Karena mekanisme di Bappenas adalah dalam pembangunan dilakukan oleh pihak Bappenas, begitu juga dengan semua bahan yang dibutuhkan disediakan oleh Bappenas.

Selanjutnya Pemkab melakukan pembayaran secara angsur setiap tahunnya. Dalam pembangunan jembatan penghubung Nipah-Sadu anggaran yang dibutuhkan sekitar Rp. 150 milyar hingga Rp. 200 milyar. Jikalau Pemerintah Daerah tetap akan membangun menggunakan APBD, maka keseluruhan anggaran tidak akan mencukupi untuk biaya pembangunan jembatan tersebut. Pembangunan jembatan penghubung Nipah Panjang-Sadu, juga mengingat adanya wacana Pemerintah Provinsi Jambi untuk membangun Pelabuhan Ujung Jabung. Dimana nantinya Ujung Jabung akan menjadi pelabuhan barang. Selain itu, dengan adanya jembatan tersebut, juga akan dapat meningkatkan aksesibilitas antar wilayah, serta terbukanya interkoneksi jaringan jalan dari Bandar Jaya menuju Nipah Panjang ke Sungai Lokan dan Ujung Jabung serta Sungai Sayang. Bahkan keberadaan jembatan ini nantinya akan memperlancar akses jalan dan akan mendukung sektor perekonomian masyarakat, baik di wilayah Tanjabtim dan Provinsi Jambi. Sebab di daerah Nipah Pajang dan Sadu ini banyak komoditi hasil pertanian dan perkebunan masyarakat.

 

Sumber: Dinas Komunikasi dan Informatika



BERITA TERBARU


Komentar

POTENSI DAERAH

GALLERY KEGIATAN

ONLINE SURVEY

Bagaimana Menurut Anda Informasi Yang kami Sediakan?
Sangat Lengkap
Lengkap
Tidak lengkap
Sangat Tidak Lengkap

ONLINE SUPPORT