Gubernur Resmikan Hutan Kota Muara Sabak
Rabu, 29 Agustus 2018 | 10:11:13 WIB | Kategori: Berita Daerah | Dibaca: 72 Kali


Penanaman Pohon Secara Simbolis

MUARASABAK- Plt Gubernur Jambi Fahrori Umar meresmikan pembangunan hutan kota Muara Sabak di Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Rabu (29/8) di Kelurahan Rano Kecamatan Muara Sabak Barat. Launching pembangunan hutan kota Muara Sabak yang direncanakan seluas 40 hektar akan ditanami sejumlah bibit unggulan, diantaranya bibit Coffe Arabica dan Kakau.

Dalam sambutannya mengatakan mendukung kegiatan pembangunan hutan kota Muara Sabak dan bahkan akan ikut memantau pembangunannya kedepan.

‘’Saya akan datang lagi kesini satu atau tiga bulan nanti,’’ kata Fahrori.

Secara terpisah, Bupati Tanjung Jabung Timur Romi Hariyanto mengungkapkan, pada tahap awal pembangunan hutan kota akan dilakukan di hutan kota seluas 3 Hektaryang akan digunakan sebagai lokasi pembibitan.

‘’Kita sudah siapkan untuk lokasi pembibitan,’’ ungkapnya.

Pengembangan hutan kota Muara Sabak ini nantinya diharapkan menjadi salah satu tujuan ekowisata. Dimana, dilokasi tersebut akan menjadi salah satu pusat rekreasi, kuliner, penelitian pendidikan  dan tentunya menjadi destinasi ekowisata.

‘’Jadi Hutan Kota itu nanti bukan saja kawasan Hutan Lindung, tapi juga bisa tempat kawasan pengembangan kegiatan publik. Disamping ada inti, yang menjadi domain Pemerintah Daerah, yaitu pengembangan Hutan Kota,’’ ujar Ali Fahrudin, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Tanjung Jabung Timur beberapa waktu lalu. 

Untuk pendukungnya, kata Ali, Pemkab akan melakukannya secara bertahap. Namun yang paling awal itu terkait tanah disekeliling lahan kawasan tersebut.

‘’Jadi pihak Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruangan (PU-PERA) Tanjabtim sangat berperan dalam hal itu, baru nanti bisa dilakukan pengembangan Hutan Kota,’’ ujarnya. 

Sementara untuk jenis tanaman yang akan ditanami dikawasan Hutan Kota tersebut, jenis tanaman yang memang asli dari Tanjabtim. Yaitu jenis kayu-kayuan, seperti Merbau, Jelutung Rawa, Graha, Tembesu dan Pulai.

Ali menambahkan, untuk pengembangan Hutan Kota ini, Pemkab Tanjabtim bekerjasama dengan pihak PetroChina International Jabung Ltd.

‘’Jadi yang menyiapkan semua terkait tanaman itu pihak PetroChina. Pemkab Tanjabtim hanya menyiapkan anggaran pengembangan Hutan Kotanya melalui APBD,’’ tukasnya.

Pada launching hutan kota tersebut dilakukan serangkaian acara, yakni penanaman pohon secara simbolis oleh Plt Gubernur Jambi bersama Bupati Tanjung Jabung Timur, Forkmpimda dan dilanjutkan dengan pelepasan burung.

Sumber: Dinas Komunikasi dan Informatika



BERITA TERBARU


Komentar

POTENSI DAERAH

GALLERY KEGIATAN

ONLINE SURVEY

Bagaimana Menurut Anda Informasi Yang kami Sediakan?
Sangat Lengkap
Lengkap
Tidak lengkap
Sangat Tidak Lengkap

ONLINE SUPPORT