setda@tanjabtimkab.go.id (0740) 7370002
Section

Berita Daerah

Dua Koperasi Bakal Kelola 10 Kapal Bantuan Pusat

Senin, 19 September 2016 | 20:44:21 WIB | Dibaca: 4773 Kali


MUARASABAK – Dari 18 kapal bantuan diatas 5 gross ton dari Kementerian Kelautan dan Perikanan untuk Provinsi Jambi, 10 kapal diantaranya akan dialokasikan untuk Kabupaten Tanjung Jabung Timur. Dimana 10 kapal tersebut nantinya akan dikelola oleh dua koperasi, yakni Koperasi Nelayan Berkah Bahari di Kecamatan Nipah Panjang, dan Koperasi Nelayan Pesisir Ujung Timur di Kecamatan Kuala Jambi.

Dua koperasi yang telah ditunjuk Pemkab Tanjabtim tersebut menurut pihak DKP, telah melalui tahapan verifikasi dari pihak kementerian dan dinyatakan layak untuk mengelola kapal bantuan tersebut. Sementara untuk jumlah kapal yang akan diterima tiap koperasi tersebut, nantinya akan disesuaikan jumlah nelayan yang ada di koperasi itu sendiri.

"Dari 18 kapal bantuan untuk Provinsi Jambi, Tanjabtim bakal mendapat sebanyak 10 kapal. Dimana kapal ini nantinya akan dikelola oleh dua koperasi," kata Kepala DKP Kabupaten Tanjabtim A. Riadi Pane.

Sayangnya, lanjut Pane, hingga saat ini belum ada kepastikan kapan kapal bantuan tersebut akan tiba di Provinsi Jambi. Berdasarkan informasi terakhir yang diterimanya, kapal tersebut diperkirakan akan tiba pada Oktober mendatang.

"Kalau perkiraan kami sekitar awal Oktober, "jelasnya.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya kapal ini pastinya diperuntukan bagi nelayan yang tergabung dalam koprasi itu. Apalagi, setiap koprasi akan mendapatkan 5 Kapal, makanya perlu dilakukan pembagian secara perkelompok. jika melihat dari jumlah kapal itu lanjutnya belum sebanding jika dibandingkan dengan jumlah nelayan yang ada di Tanjabtim. Namun, nelayan di Tanjabtim sebenarnya telah mendapatkan bantuan pompong dari program-program sebelumnya. Disamping itu, pihaknya juga akan terus memperjuangkan agar nelayan yang lain mendapatkan bantuan kapal dari kementrian.

"kalau di Kementrian itu turunnya kan melalui koprasi, makanya kita juga akan dorong nelayan yang lain agar membuat atau mengaktifkan koprasi mereka,"jelasnya.

Bukan hanya kapal tambahnya, nelayan juga akan mendapatkan alat tangkap. Sebab, kapal yang akan dibagikan itu langsung dengan alat tangkainya. Diharapkan, nelayan yang mendapatkan nantinya dapat meningkatkan pendapatan nelayan seiring dengan banyaknya hasil tangkap nelayan.

"jika kapal ini nantinya telah didistribusikan agar dijaga dengan baik,"harapanya.

Komentar Facebook

DOWNLOAD
File Download & Lampiran

PERKIRAAN CUACA
Kab. Tanjung Jabung Timur

AGENDA KEGIATAN
Kab. Tanjung Jabung Timur

PKK KAB. TANJUNG JABUNG TIMUR
pkk.tanjabtimkab.go.id


BERITA TERKINI

Rabu, 10 April 2024 -
Kamis, 21 Maret 2024 - Berita Pemerintahan
Senin, 18 Maret 2024 -
Rabu, 13 Maret 2024 -
Kamis, 29 Februari 2024 - Berita Pemerintahan